Selasa, Oktober 8


Manggarai Barat

Sebuah kapal cepat (speedboat) di Taman Nasional (TN) Komodo tertimpa nahas. Kapal itu terbalik. Beruntung 29 turis dan 4 ABK dilaporkan selamat.

Speedboat bernama Ohana itu dilaporkan tenggelam di perairan Pulau Siaba, Taman Nasional (TN) Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (6/10/2024) sore.

Kapal Speedboat tersebut ditemukan dalam kondisi terapung setelah terbalik usai mengalami kecelakaan.


Speedboat Ohana mengangkut total 29 wisatawan. Mayoritas adalah wisatawan mancanegara, serta empat anak buah kapal (ABK).

“Wisatawan lokal delapan orang, wisatawan asing 21 orang,” ungkap Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo, Stephanus Risdiyanto.

Seluruh penumpang dan ABK berhasil dievakuasi dengan selamat oleh tim search and rescue (SAR) gabungan dari berbagai instansi, termasuk KSOP Labuan Bajo, Basarnas, Polairud, dan TNI Angkatan Laut. Stephanus juga turut terlibat langsung dalam proses evakuasi.

“Tim emergency gabungan segera turun untuk melakukan evakuasi. Semua penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat,” tambah Stephanus.

Menurut Stephanus, speedboat Ohana tenggelam akibat diterjang arus kencang saat melintasi perairan sempit di sekitar Pulau Siaba. Kawasan itu merupakan salah satu lokasi populer untuk menyelam (diving) di TN Komodo.

“Pada saat memasuki alur sempit lokasi diving Pulau Siaba, kapal dihantam arus kencang dari samping sehingga menyebabkan kapal miring dan terbalik,” jelas Stephanus.

Setelah evakuasi selesai, speedboat tersebut diikat dengan aman pada mooring untuk memastikan stabilitasnya. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini dan seluruh penumpang selamat telah dievakuasi ke Labuan Bajo.

——-

Artikel ini telah naik di detikBali.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version