Senin, September 30

Jakarta

SpaceX meluncurkan misi penyelamatan dua astronot yang terjebak di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS. Kapsul Dragon itu membawa kru yang lebih sedikit untuk membawa dua astronaut itu pulang ke Bumi tahun depan.

Astronaut Nick Hague dari NASA dan Alexander Gorbunov dari Rusia menjemput Butch Wilmore dan Suni Williams yang belum bisa kembali karena wahana Boeing Starliner yang membawa mereka bermasalah.

Karena NASA merotasi kru ISS kira-kira tiap enam bulan, penerbangan SpaceX dengan dua kursi kosong untuk Wilmore dan Williams ini takkan kembali sampai akhir Februari. Para pejabat mengatakan tidak ada cara membawa mereka pulang lebih awal di SpaceX tanpa mengganggu misi terjadwal lainnya.


Pada saat kembali, pasangan itu akan mencatat lebih dari delapan bulan di luar angkasa. Mereka diperkirakan akan pergi hanya seminggu ketika jadi astronot pertama yang dibawa Starliner bulan Juni silam. NASA akhirnya memutuskan Starliner terlalu berisiko setelah serangkaian masalah pendorong dan kebocoran helium.

NASA pun memangkas dua astronot dari peluncuran SpaceX ini untuk memberi ruang bagi Wilmore dan Williams. Wilmore dan Williams menyaksikan pesawat SpaceX yang akan menyelamatkan mereka lepas landas melalui sebuah link.

Hague menyebut perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan dalam penerbangan luar angkasa. “Selalu ada sesuatu yang berubah. Mungkin kali ini sedikit lebih terlihat oleh publik,” katanya yang dikutip detikINET dari Associated Press.

Hague ditunjuk sebagai komandan untuk misi penyelamatan ini berdasarkan pengalamannya. Adapun astronot pemula NASA Zena Cardman dan astronaut veteran Stephanie Wilson ditarik dari penerbangan ini setelah NASA memutuskan bekerja sama dengan SpaceX untuk membawa pulang astronot yang terjebak.

“Tiap peluncuran berawak yang pernah saya saksikan benar-benar membuat saya sangat terharu. Peluncuran hari ini sungguh unik. Sulit untuk tidak menyaksikan roket itu lepas landas tanpa berpikir Itu roket saya dan itu kru saya,” kata Cardman.

Beberapa saat sebelum lepas landas, Hague memberi penghormatan kepada dua rekannya yang tidak jadi terbang. Begitu berada di orbit, ia menyebutnya sebagai perjalanan yang indah dan berterima kasih kepada semua pihak yang memungkinkan hal itu terjadi.

Simak Video “Warga Sipil Spacewalk di Antariksa
[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Membagikan
Exit mobile version