Jumat, Oktober 18


Jakarta

Bupati Sumenep Achmad Fauzi berhasil mendapatkan penghargaan tokoh pendorong pariwisata dan ekonomi daerah di ajang detikcom Awards 2024.

Baginya pariwisata merupakan sektor yang mampu menggerakan ekonomi daerah. “Pariwisata adalah salah satu lokomotif. Bagaimana lokomotif ini bisa kita gerakan agar pertumbuhan ekonomi itu menjadi sebuah kekuatan, dalam rangka memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” katanya usai mendapat penghargaan detikcom Award 2024 di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Sektor pariwisata terus ia genjot untuk meningkatkan perekonomian di daerahnya, Fauzi menjabarkan bahwa melalui promosi yang gencar-gencaran agar masyarakat luas bisa lebih mengenal tentang Sumenep.


“Dengan promosi-promosi yang kita lakukan baik secara media nasional maupun media lokal. Nah itu salah satu cara agar masyarakat di luar Sumenep bisa mengetahui bahwa Sumenep memiliki potensi wisata yang sangat banyak sekali,” ujarnya.

Untuk menunjang pariwisata yang semakin berkembang di daerahnya, aksesibilitas merupakan faktor utama dalam meningkatkan layanan pariwisata di sana. Ia tak menafikan bahwa hal tersebut masih menemui kendala.

Di antaranya aksesibilitas jalur udara, ia menyebut runway di Bandara Trunojoyo Sumenep masih kurang memadai untuk melangsungkan penerbangan dari kota-kota besar seperti Jakarta ataupun Bali.

“Kita akan memperbaiki yang berkaitan dengan aksesibilitas memang ada beberapa kendala salah satunya yang berkaitan dengan transportasi udara, karena memang kita tidak bisa langsung ke Sumenep misalnya ke Jakarta. Hal ini kami ingin mencoba melakukan komunikasi untuk mereview berkaitan dengan panjang runway yang saat ini masih 1.650 (meter), maka kita akan panjangkan ke kurang lebih 2.000 sehingga nanti pesawat bisa terbang langsung dari Sumenep ke Jakarta,” ungkapnya.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Foto: Muhammad Lugas Pribady/detikTravel

Kemudian, sektor amenitas dan atraksi juga akan terus pihaknya genjot demi menunjang pariwisata Sumenep semakin menunjukan tajinya.

“Jadi seluruh amenitas itu harus dilakukan, termasuk atraksinya akan kita inovasikan ke depan. Agar para wisatawan itu bisa lebih menarik datang ke Kabupaten Sumenep,” sebut Fauzi.

Fauzi berharap di tahun pertumbuhan ekonomi daerahnya bisa meningkat dari tahun 2023 yang mencapai angka 5,3%. Tentunya dari sektor utamanya yakni pariwisata.

“Ke depan Kabupaten Sumenep, kabupaten di ujung paling timur Pulau Madura bisa terus berkompetisi dengan kabupaten lainnya di Jawa Timur bahkan Indonesia,” pungkas Fauzi.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version