Minggu, Maret 16


Jakarta

Perdebatan seputar bertukar tempat duduk di pesawat masih terjadi. Ini sejumlah pendapat pakar etika.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (10/4/2024), host serial Netflix Mind Your Manners dan penulis buku Mind Your Manners: An Insider’s Guide to Social Fluency Sara Jane Ho menyampaikan pendapat tentang bertukar tempat duduk di pesawat.

Menurut Sara, menolak permintaan pertukaran tempat duduk merupakan hal wajar dan tidak menjadi masalah. Dia bilang penumpang yang diajak bertukar tempat duduk tidak perlu sungkan untuk menolak permintaan itu.


“Anda tidak diwajibkan bertukar tempat duduk dengan siapa pun,” kata Sara.

“Tetapi, lihat lagi, tergantung juga pada tempat duduk mana yang ingin mereka pindahkan. Jika lebih baik, terimalah dengan senang hati. Jika lebih buruk (seperti tempat duduk tengah) maka Anda dibolehkan untuk menolak, lho,” dia menambahkan.

Sara juga mengungkapkan cara yang sopan untuk menolak permintaan bertukar tempat duduk itu. Dia menyebutnya sebagai ‘cara mengabaikan permintaan dengan sopan’.

“Bisa dengan kalimat,”Saya membayar lebih mahal untuk tempat duduk ini, terima kasih atas pengertiannya”,” kata dia.

“Lagipula, tidak ada yang tahu persis berapa banyak yang kamu bayarkan,” dia menambahkan.

“Atau Anda bisa berkata,”kursi nomor 32G adalah tempat duduk keberuntungan saya, saya harus selalu terbang di tempat duduk ini, jika tidak saya akan merasa cemas”,” ujar dia lagi.

Bagaimana jika kalian ada di posisi sebagai penumpang yang mengajukan bertukar tempat duduk? Adakah cara yang aman dan bisa memantik simpati dari yang diajak bertukar tempat duduk?

Diane Gottsman, pendiri The Protocol School of Texas, mengatakan cara terbaik untuk mendapatkan tempat duduk terbaik di pesawat adalah dengan memesannya sejak dini. Tetapi, jika langkah itu tidak memungkinkan maka mau tidak mau harus berlapang dada menerima tempat duduk di manapun yang didapatkan.

“Saat bertanya kepada sesama penumpang apakah mereka keberatan berpindah tempat duduk, selalu memasang harapan pada jawaban “tidak” dan bersiaplah untuk menerima penolakan itu dengan lapang dada. Tersenyumlah dan yakinkan mereka bahwa Anda mengerti,” kata Diane.

“Hindari menunjukkan rasa frustrasi kendati mereka tidak mau menyerahkan tempat duduknya. Mereka mungkin telah membayar biaya tambahan untuk ruang kaki,” dia menambahkan.

Simak Video “Penumpang Pesawat Domestik Enggak Perlu Tes Antigen-PCR, Tapi…
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)

Membagikan
Exit mobile version