Selasa, Oktober 15

Jakarta

Pelopor sop daging asal Pontianak ini buka cabang di Bojongsari, Depok. Menu sop iga jumbo dengan kuah pedas yang jadi andalannya layak dicoba! Gurih segar, dijamin kenyang.

Olahan daging sapi begitu digemari di Indonesia. Selain dagingnya, bagian iga yang berupa tulang dengan daging masih menempel juga jadi favorit.

Salah satu olahan nikmatnya berupa sop iga. Menu ini bahkan jadi primadona di beberapa tempat makan. Mereka menyajikan potongan iga yang empuk nikmat dengan guyuran kuah segar.


Sop Mak Garang, misalnya, menjadi pelopor sop daging asal Pontianak. Buka sejak Mei 2023, kini Sop Mak Garang punya cabang sampai di Depok.

Tempat makannya baru buka sekitar 2 mingguan, tapi langsung menarik perhatian foodies. Mereka tertarik mencicipi sop iga kuah pedas yang jadi andalan, berikut olahan iga dan daging sapi nikmat lainnya.

Detail Informasi (Nama Tempat Makan)
Nama Tempat Makan Sop Mak Garang
Alamat Jl. Raya Bojongsari No.50, RT.2/RW.3, Bojongsari Baru, Kec. Bojongsari, Kota Depok
Cabang di Tangerang, Cilegon, Singkawang
Instagram sop.makgarang
Jam Operasional 10.00-22.00
Estimasi Harga Mulai dari Rp 35 ribu untuk Sop Beremah
Tipe Kuliner Olahan iga dan daging sapi
Fasilitas
  • Makan di tempat, area outdoor dan indoor

Tempat makan keluarga luas dan nyaman

Menyambangi cabang Sop Mak Garang (10/01/2024) di Bojongsari, Sawangan, terlihat area parkir dan makannya luas. Lokasinya strategis di pinggir jalan raya Bojongsari.

Area makannya terbagi dua yaitu outdoor dengan kursi atau duduk lesehan, serta indoor dengan pelengkap pendingin udara. Ada juga tempat bermain anak yang bikin anak-anak betah saat mampir.

Begitu masuk, kami bisa mengintip dapur Sop Mak Garang untuk menyiapkan pesanan. Area meracik sopnya ada di bagian paling depan, sementara di bagian lebih dalam untuk memanggang iga di hotplate dan membakar sate.

Olahan sop hingga sate sapi menggugah selera

Sop Mak Garang merupakan pelopor sop daging di Pontianak yang juga menawarkan olahan iga sapi lain. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Sop Mak Garang menawarkan aneka olahan daging, terutama sapi. Menu andalan mereka Sop Beremah yang dibanderol mulai dari Rp 35 ribu untuk ukuran kecil. Kalau ukuran reguler, Rp 49 ribu.

Lalu ada Iga Bakar Barbeque, Daging Lada Hitam, dan Sate Garang Sapi/Ayam yang juga menggugah selera. Di sini bisa pesan ekstra sambal korek dan sambal acar tomat untuk yang doyan pedas.

Menurut penuturan seorang pegawai Sop Mak Garang di sini, dalam sehari mereka bisa mengolah 30 kg iga sapi. Untuk seporsi Sop Garang yang kecil berisi 3 potongan iga sapi ukuran kecil atau short ribs.

Sedangkan Sop Garang porsi reguler, berisi 2 potongan iga sapi. Namun ukurannya memang lebih besar-besar sehingga bisa memenuhi mangkuk. Jadi yang dipakai iga potongan panjang dari punggung.

Gurih segar Sop Beremah yang jadi andalan

Sop Beremah mirip sop janda dengan topping cabai rawit utuh. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Sop Beremah (Rp 49 ribu) diracik fresh setelah kami pesan. Pertama, pegawai menyusun potongan iga matang yang sudah direbus dalam piring. Selanjutya diguyur kuah sop yang ada dalam dandang besar.

Di dalam kuah sop itu juga terdapat cabai rawit merah utuh. Jumlahnya bakal menyesuaikan pesanan pembeli, apakah pesan pedas atau extra pedas. Namun jika pesan tidak pedas, maka akan ditambahkan kuah sop yang tak ada cabainya.

Terakhir, Sop Beremah diberi taburan irisan daun bawang dan bawang goreng. Memesan porsi reguler, kami dapat dua potongan iga besar.

Saking besarnya iga sapi tersebut, permukaan mangkuk yang kecil pun jadi terlihat amat penuh. Kuah sopnya bahkan juga sampai keluar, tapi untungnya tertampung di alas piring kecil.

Slurpp! Kuah Sop beremah berwarna cokelat keruh ini mengeluarkan aroma rempah nikmat. Rasa rempahnya juga kuat dengan jejak rasa menghangatkan seperti cengkeh, biji pala, dan merica bubuk. Namun sayang, menurut kami rasa asinnya terlalu kuat. Kalau sedikit dikurangi pasti lebih nikmat.

Pada suapan pertama, cita rasa Sop Beremah langsung mengingatkan kami akan sop buntut. Bedanya, ada tambahan cabai rawit utuh layaknya Sop Janda. Jika ingin pedas, maka cabai rawit itu tinggal digerus atau digigit!

Soal tekstur, potongan iganya sangat empuk dan mudah lepas dari tulang. Bahkan tak perlu banyak tenaga untuk mengambil daging iga. Secara keseluruhan 2 potongan iga sapi besar dengan harga kurang dari Rp 50 ribu terasa sepadan!

Sop Mak Garang juga punya iga bakar dan sate garang enak. Baca halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version