Selasa, Oktober 15

Jakarta

Peoplyee, penyedia layanan SDM berbasis teknologi memprediksi posisi yang paling dibutuhkan oleh perusahaan. Apa saja?

Berdasarkan data Peoplyee sejak Januari hingga September 2024, terdapat 1,8 juta job posting untuk semua posisi. Jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, sebesar 1,7 juta terjadi peningkatan 5,7%.

Lalu pada 2023 mereka juga menemukan adanya 2,3 juta job posting yang diunggah ke laman pencarian kerja. Kemudian mereka memprediksi akan ada kenaikan jumlah lowongan pekerjaan untuk 2024. Data tersebut juga menunjukkan posisi yang paling dibutuhkan oleh perusahaan, yaitu sales, back office, dan engineer.


“Sebagai recruitment agency, kami telah membantu lebih dari 1,500 perusahaan dan 5,000 kandidat untuk mencapai tujuan mereka,” ucap Kenichi Fujiki, CEO Peoplyee, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Peoplyee sebenarnya berkecimpung di industri teknologi human resources (HR) sejak tahun 2013. Saat itu namanya adalah Reeracoen Indonesia, yang kemudian diganti jadi Peoplyee.

Ini adalah singkatan dari people and employee, di mana kedua kata tersebut berkaitan terhadap ruang lingkup SDM dan menggambarkan bisnis perusahaan. Pergantian nama ini sejalan dengan fokus Peoplyee dalam solusi HR berbasis teknologi, yakni menghubungkan perusahaan klien dengan tenaga kerja yang sesuai kebutuhan agar lebih efektif dan efisien.

“Kami memilih nama Peoplyee karena mencerminkan inti dari bisnis kami, yaitu manusia. Kami percaya bahwa penggabungan teknologi dengan pemahaman mendalam tentang dinamika pasar tenaga kerja berkontribusi nyata untuk mengatasi masalah pengangguran dan kesenjangan keterampilan di Indonesia,” jelas Fujiki.

Sebagai penyedia layanan SDM, Peoplyee memiliki recruitment tools berbasis teknologi untuk membantu perusahaan menemukan kandidat yang tepat dan cepat sehingga proses rekrutmen lebih efisien.

Bagi perusahaan yang menggunakan jasa recruitment agency, mereka tak hanya memperoleh kandidat sesuai kebutuhan bisnis, tetapi juga dapat memanfaatkan solusi SDM lain yang mendukung manpower planning, yakni:

  • Konsultasi SDM: memberikan insight ketenagakerjaan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
  • Work experience checking: memeriksa latar riwayat pengalaman kerja dan pendidikan sebelum karyawan diterima oleh perusahaan
  • Three-month guarantee: menawarkan jaminan tiga bulan penggantian karyawan yang mengundurkan diri dan/atau tidak memenuhi kriteria pekerjaan

Menurut Fujiki, Indonesia masih menghadapi tantangan serius dalam bidang ketenagakerjaan, terutama ketika perusahaan kesulitan memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan keterampilan yang spesifik. Di pihak pencari kerja, Peoplyee menciptakan ekosistem yang memungkinkan mereka mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilan.

(asj/asj)

Membagikan
Exit mobile version