Kamis, Oktober 24

Jakarta

Foto pada WhatsApp, bisa hilang karena memori ponsel penuh. Untungnya, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi hilangnya foto di galeri ponsel.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan foto WhatsApp hilang dari galeri ponsel. Mulai dari kendala koneksi internet hingga pengaturan fitur WhatsApp yang tidak tepat.

Hal tersebut tentu dapat menimbulkan kepanikan, terutama jika foto tersebut menyimpan kenangan berharga atau informasi penting. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diambil:


1. Periksa Folder yang Tepat

Perlu diingat, file yang diunduh dari WhatsApp tidak akan masuk ke folder Download atau Gambar. Foto yang disimpan biasanya berada dalam penyimpanan internal WhatsApp. Jila Anda menggunakan iOS, foto dapat ditemukan di ‘Album Saya’.

2. Aktifkan Fitur Auto Save

Pastikan foto tersimpan di galeri ponsel dengan mengaktifkan fitur auto save. Fitur ini akan menyimpan semua file yang diterima melalui WhatsApp ke dalam penyimpanan ponsel.

3. Periksa Koneksi Jaringan

Masalah lainnya bisa terkait dengan koneksi internet. Misalnya, jika kita menggunakan jaringan 3G hingga 5G, tetapi pengaturan unduhan hanya mengizinkan penggunaan WiFi, atau sebaliknya.

4. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan yang penuh tidak akan dapat menampung unduhan media dari WhatsApp. Jadi, bersihkan ruang penyimpanan untuk memberi ruang bagi file baru.

Jika Anda menggunakan kartu SD, periksa apakah kartu tersebut rusak, karena hal ini dapat menghalangi aplikasi untuk menyimpan data. Jangan lupa untuk mematikan mode read-only pada kartu SD, karena mode ini mencegah penulisan data baru.

5. Atur Zona Waktu

Ketidaksesuaian waktu dengan zona waktu yang ditetapkan dapat menyebabkan WhatsApp menonaktifkan unduhan file. Anda dapat mengatur perangkat untuk mendeteksi waktu secara otomatis atau mengubahnya secara manual.

Itulah lima langkah untuk mengatasi hilangnya foto WhatsApp di galeri ponsel. Semoga informasi ini bermanfaat!

*Artikel ini ditulis oleh Dita Aliccia Armadani, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

(fyk/fyk)

Membagikan
Exit mobile version