Minggu, Oktober 6


Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka-bukaan soal rencananya berkantor di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Juli ini. Jokowi bilang sampai hari ini infrastruktur air, listrik, dan lain-lain belum selesai disiapkan.

Jokowi mengatakan bila semua sudah siap, dirinya bakal langsung pindah berkantor di IKN secepatnya. Selama ini dia memang menargetkan bisa mulai berkantor di IKN pada bulan Juli.

“Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah,” ungkap Jokowi di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Senin (8/7/2024).


Dia mengatakan sampai saat ini dirinya rutin menerima laporan dari Kementerian PUPR soal perkembangan pembangunan IKN, nah hasil laporannya sampai saat ini infrastruktur pendukung belum siap.

“Sudah (menerima laporan), tapi belum (siap infrastruktur air, listrik, sama tempatnya),” kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengaku dirinya optimis dirinya bisa berkantor di IKN bulan Juli. Hal ini diungkapkan Jokowi saat berkunjung ke IKN bulan Juni lalu. Saat itu dia bilang dirinya tinggal menunggu air bersih tersambung ke IKN.

Jokowi bilang Bendungan Sepaku Semoi sebagai pemasok air ke IKN sudah diresmikan dan beroperasi. Kini tinggal urusan sambungan pompanya saja. Dia yakin akhir Juni ini urusan sambungan pompa selesai sehingga bulan Juli dia bisa berkantor langsung di IKN.

“Sangat optimis untuk kantornya. Ini masih nunggu 1, air, airnya Juli. Airnya juga kemarin sudah kita resmikan dengan Bendungan Sepaku, tinggal ini menunggu pompa untuk menaikkan air kemudian dialirkan ke bangunan, rumah-rumah yang ada di ibu kota Nusantara,” beber Jokowi di kawasan Istana Negara IKN, Rabu (5/6/2024).

(hal/rrd)

Membagikan
Exit mobile version