Selasa, September 17


Jakarta

Racikan smoothies terasa lebih enak dan sehat jika menambahkan bahan yang mengandung kafein satu ini. Bukan kopi, melainkan cokelat yang berkhasiat.

Smoothies biasanya terbuat dari campuran buah atau sayuran segar. Beberapa orang kerap menambahkan oat, biji chia, susu, ataupun bubuk protein.

Dilansir dari Tasting Table (20/8), smoothies juga bisa terbuat dari campuran bahan yang mengandung kafein. Kamu bisa menambahkan sedikit bubuk kopi kalau ingin sensasi yang berbeda.


Selain bubuk kopi, bisa juga menambahkan bubuk kakao. Campuran bubuk kakao ini tidak sekuat kopi rasanya dan kaya nutrisi.

Smoothies yang ditambah bubuk kakao tampilannya jadi lebih menarik. Sebaiknya tambahkan jenis cokelat hitam yang murni. Atau cokelat bubuk dengan kandungan cacao mass yang tinggi tanpa pemanis.

Smoothies dengan campuran kafein Foto: iStock

Cokelat jenis ini kaya akan nutrisi dan mengandung kafein tinggi. Meskipun rasanya lebih pekat dan cenderung pahit.

Smoothies dari bubuk cokelat ini juga cocok diracik menggunakan beragam bahan. Karena, pada dasarnya cokelat cocok dipadukan dengan banyak rasa dan jenis makanan apapun.

Hal ini dikarenakan cokelat mengandung beragam molekul rasa yang terdapat pada biji kakao. Fakta ini membuat bubuk kakao menjadi bahan yang tepat untuk meracik sajian smoothies yang bisa dinikmati saat sarapan.

Smoothies yang umum dipadukan dengan cokelat biasanya terbuat dari pisang. Kamu juga bisa memadukan bubuk kakao ini dengan smoothies buah berry atau alpukat.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Kamu bisa meracik smoothies dengan bahan utama pisang atau alpukat dengan susu atau yogurt, lalu tambahkan 1-2 sendok makan bubuk kakao. Proses dengan blender hingga halus dan nikmati segera.

Untuk kandungan kafein pada bubuk kakao sekitar 230 mg per 100 gram. Sedangkan, pada kopi hanya 40 mg per 100 gram.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version