Minggu, September 22

Jakarta

SmartThings dari Samsung bisa mencatat rutinitas penggunanya. Dia bisa membaca bagaimana kebiasaan penggunanya sehingga kamu bisa lebih santai ketika sampai di rumah.

Joseph Martius Head of Home Appliances Business Samsung Electronics Indonesia bercerita bahwa dirinya telah melakukan pengaturan pada aplikasi SmartThings yang menghubungkan perangkat di rumahnya dengan smartphone miliknya. Di sana, dia sudah memiliki sejumlah ‘routine’ yang tercatat.

“Fitur Routines bisa mendeteksi kebiasaan kita. Contoh Sleep Time Mode, ini saya bisa mengatur mulai TV, lampu, sampai air purifier otomatis diganti jadi wind free. Jadi otomatis ngatur,” jelasnya dalam Samsung DA Media Hands On ‘Do Less, Live More, with Bespoke AI Home Appliances’ di Jakarta, Kamis (19/9/2024).


Sleep Time Mode menggunakan SmartThings. Segala perangkat disesuaikan hanya dari aplikasi di smartphone. Foto: Aisyah/detikINET

“Ada juga mode nonton, dan itu koneksi ke lampu. Sehingga pas nonton, otomatis lampunya temaram, kemudian air purifier minim pekerjaannya. Bisa diatur. Bahkan, teman saya sampai punya 10 routines,” terangnya.

Joseph menambahkan, SmartThings bisa mengatur kondisi mendekati rumah. Ketika terdeteksi jarak sekian meter dari rumah, beberapa perangkat secara langsung dinyalakan untuk ‘menyambut’ kedatangan pemilik rumah.

“Dia bisa nge-track berapa lama lagi kita sampai rumah. Kita kan maunya sampai rumah AC sudah dingin, dong, terus maunya juga lampu sudah nyala. Nah, itu sudah bisa. Jadi, kita sudah disambut aplikasi itu sendiri saat sampai,” ujarnya.

Selain fitur ‘Routines’, SmartThings juga punya beberapa keunggulan lain. Salah satunya adalah pengingat kapan makanan di dalam kulkas akan masuk masa kedaluwarsa. Dengan begitu, tidak ada lagi makanan yang harus terbuang dari kulkas. Pengguna dapat menambahkan informasi tanggal kedaluwarsa secara manual untuk barang-barang yang ingin mereka pantau.

SmartThings mengingatkan segala aktivitas perangkat dalam rumah. Notifikasi bakal muncul di layar. Foto: Aisyah/detikINET
Atur suhu kulkas dengan SmartThings. Foto: Aisyah/detikINET

(ask/fay)

Membagikan
Exit mobile version