Senin, September 30

Jakarta

HP gaming biasanya dijual dengan harga mahal. Dengan kehadiran Tecno Pova 6 Pro 5G, bisa jadi akan membuat pasar perangkat Android pada harga di kisaran Rp 3 jutaan terusik. Mengapa?

HP ini dilengkapi dengan beberapa fitur gaming yang tidak ditemukan pada perangkat sejenis di harga tersebut. Tambahannya adalah kemampuannya menerima sinyal 5G, walaupun saat ini masih jarang di Indonesia.

Tetapi apakah HP gaming ini cocok untuk semua orang? Untuk hal tersebut, simak review Tecno Pova 6 Pro 5G berikut ini:


Desain

Desain dari Tecno Pova 6 Pro 5G memang terlihat futuristik. Tecno memasukkan 2 varian warna ke Indonesia, yaitu Meteorite Grey serta Comet Green yang detikINET review kali ini.

Tecno Pova 6 Pro 5G varian Comet Green Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bagian belakang dari HP ini dihiasi oleh miniLED pada di sisi atasnya yang bisa diatur kapan untuk menyala. Walaupun memakai bahan plastik polikarbonat, tidak membuatnya terasa kopong saat digenggam. Namun, bahan ini membuatnya mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Pulau kamera yang ada pada perangkat ini terdiri dari 3 buah kamera. Namun, yang bisa langsung diakses oleh pengguna hanya 1 saja, yaitu kamera utamanya. Dua kamera lain hanya membantu mengambil gambar seperti tingkat depth.

Dengan ketebalan yang hanya 7,9 mm, perangkat ini menjadi salah satu yang tertipis di kelasnya. Bobot 198 gram juga tergolong ringan sehingga tidak akan memberatkan kamu.

Layar

Salah satu keunggulan perangkat ini adalah penggunaan layar AMOLED yang lebih bagus untuk bermain dan menonton video. Apalagi, refresh rate-nya yang mencapai 120 Hz yang membuatnya bisa mencapai fps tinggi di beberapa game yang mendukung.

Tecno Pova 6 Pro 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layarnya sendiri memiliki ukuran 6,78 inci dengan resolusi 2436×1080 pixel. Tingkat kecerahannya yang mencapai 1300 nits membuatnya bisa terlihat lebih baik saat berada di bawah sinar matahari.

Perangkat ini juga sudah mengantongi sertifikat Low Blue Light dari TÜV Rheinland untuk kenyamanan mata penggunanya. Oleh karenanya, perangkat ini cukup nyaman digunakan untuk bermain game di ruangan tanpa adanya penerangan lampu.

Performa

Mediatek Dimensity 6080 adalah SoC yang digunakan pada Tecno Pova 6 Pro 5G. Dimensity 6080 sendiri merupakan chipset lawas yang dulunya bernama Dimensity 810. Walaupun begitu, SoC ini memiliki kinerja yang mumpuni.

RAM 12 GB yang tersedia serta tambahan 12 GB Extended RAM menjadi salah satu daya tarik yang sangat menarik pada perangkat ini. Kapasitas penyimpanan internalnya adalah 256 GB, yang memang besar untuk kelasnya.

Spesifikasi yang ada memang membuat Tecno Pova 6 Pro 5G mampu menjalankan game yang ada pada platform Android dengan cukup nyaman. Hal tersebut membuatnya otomatis bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar pula.

Pecinta game MOBA seperti Honors of Kings akan puas karena Tecno Pova 6 Pro 5G mampu berjalan pada 60 fps. Sedangkan Genshin Impact mendapatkan rata-rata 41 fps saat dimainkan dengan setting lowest.

Aplikasi benchmark juga dijalankan pada HP yang satu ini. Berikut adalah hasilnya.

Tecno Pova 6 Pro 5G Foto: detikINET

Fitur selanjutnya yang sangat berguna adalah hadirnya baterai 6000 mAh dengan pengisian 70 watt. Hal ini membuatnya bisa bertahan lebih dari sehari dan mampu diisi ulang dengan waktu yang cepat, yaitu 1 jam saja.

Apalagi untuk bermain game, Tecno Pova 6 Pro 5G sudah mendukung bypass charging yang mengambil daya listrik langsung dari charger tanpa mengisi baterai.

Kamera

Jumlah kamera keseluruhan pada perangkat ini ada 4 kamera. Pada bagian belakangnya terdapat 3 kamera, di mana hanya ada 1 kamera yang bisa diakses.

Kamera utamanya menggunakan resolusi 108 MP dan kamera depannya adalah 32 MP. Dua kamera lainnya hanya untuk membantu kamera utama dalam mengambil gambar bokeh.

ISOCELL HM2 yang digunakan pada kamera utamanya mampu mengambil gambar dengan lumayan bagus. Zoom 3x digitalnya juga mampu mengambil gambar tanpa penurunan kualitas yang terlihat di mata.

Sayangnya saat mengambil gambar di malam hari, tingkat ketajamannya akan menurun. Untuk kamera depannya sendiri, gambar yang dihasilkan cukup tajam. Berikut hasilnya:

Tecno Pova 6 Pro 5G Foto: detikINET
Tecno Pova 6 Pro 5G Foto: detikINET
Tecno Pova 6 Pro 5G Foto: detikINET
Tecno Pova 6 Pro 5G Foto: detikINET

Opini detikINET

HP gaming memang menarik untuk dibeli karena memiliki lebih banyak fitur. Begitu pula Tecno Pova 6 Pro 5G yang harganya tidak mencapai 3,3 juta rupiah namun menawarkan fungsi yang banyak.

Tecno Pova 6 Pro 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Fitur seperti bypass charging, layar AMOLED 120 Hz, baterai 6000 mAh, RAM 12 GB, pengisian cepat 70 watt, NFC, kamera 108 MP, serta desain dengan lampu LED sudah ada pada perangkat ini. Dengan dapur pacu Mediatek Dimensity 6080 memang membuatnya cukup bertenaga untuk bermain game dengan setting rendah hingga medium.

Sistem operasi Android 14 dengan interface HiOS terbukti cukup responsif saat digunakan. Hal ini membuat Tecno Pova 6 Pro 5G bisa menjadi salah satu pilihan belanja bagi mereka yang ingin memiliki HP gaming tanpa harga yang mahal.

(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version