Senin, September 23

Jakarta

Di forum tanya jawab Quora, sering muncul pertanyaan yang menggelitik rasa penasaran. Salah satunya ini, seseorang bertanya apa yang terjadi bakal terjadi jika Bumi kehilangan oksigen selama barang lima detik saja.

Pertanyaan ini kemudian dijawab oleh mahasiswa jurusan ilmu sains dan engineering Andrew Cote. Dia pun membeberkan beberapa hal buruk jika hal itu benar-benar terjadi.

Yang pertama, semua orang yang di pantai akan mengalami kulit terbakar. Ini dikarenakan ozon adalah molekul oksigen dan menghalangi sebagian besar sinar UV. Tanpa oksigen, akan fatal akibatnya bagi manusia.


Dikutip dari Slate, kejadian mengerikan selanjutnya adalah perubahan pada langit. Langit siang hari akan menjadi lebih gelap. Dengan lebih sedikit partikel di atmosfer yang menyebarkan cahaya biru, langit akan menjadi sedikit kurang biru dan menjadi lebih hitam.

Kejadiannya akan makin seram karena jika Bumi kehilangan oksigen selama lima detik, setiap pesawat yang lepas landas dari landasan pacu kemungkinan akan jatuh ke tanah, sementara pesawat yang sedang terbang dapat meluncur untuk beberapa waktu. Ini disebabkan mesin pembakaran internal yang akan mati.

Mau bagian yang paling seram? Telinga bagian dalam manusia bisa akan meledak. Pasalnya, kita kehilangan sekitar 21% tekanan udara dalam sekejap. Ini setara dengan diteleportasi ke puncak Andes yang tingginya sekitar 2.000 meter.

Makin mengerikan, lautan akan menguap dan menghilang. Saat oksigen menghilang dari air laut, komponen hidrogen menjadi gas bebas yang tidak terikat. Gas hidrogen, yang paling ringan, akan naik ke troposfer atas dan perlahan menghilang melalui pelepasan atmosfer.

Terakhir, segala sesuatu yang ada di atas tanah akan langsung jatuh bebas. Ini dikarenakan oksigen membentuk sekitar 45% kerak dan mantel Bumi. Ketika tidak ada sesuatu yang menahan semuanya, maka bles! Semua akan ambruk ke dalam.

(ask/ask)

Membagikan
Exit mobile version