Jumat, Oktober 18


Jakarta

Singapura menjadi salah satu negara terbaik soal kedisiplinan membuang sampah. Ada denda yang begitu mahal meski hanya membuang puntung rokok secara sembarangan.

Mengutip Mothership, Jumat (18/10/2024), viral sekelompok remaja melemparkan botol plastik dan koin ke dalam instalasi air di Marina Bay Sands. Dikatakan bahwa mereka merenung saat melempar benda-benda itu.

Dalam sebuah video, seorang pembaca Mothership yang berada di lokasi kejadian mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi paa 22 September sekitar pukul 18.30. Saat itu, sedang berlangsung F1 di akhir pekan.


Pembaca itu menilai remaja-remaja tersebut pelajar sekolah menengah. Dia mengatakan bahwa para pemuda itu berkerumun di sekitar air terjun MBS di luar mal dan mulai melemparkan tutup botol, koin, botol plastik, dan bahkan spidol ke dalamnya.

Air terjun yang dimaksud adalah pusaran air hujan yang disebut Rain Oculus, yang terdiri dari sebuah kolam di bagian bawah mangkuk akrilik besar, yang berdiameter 21 meter dan kedalaman 5,2 meter.

Air hujan biasanya disalurkan melalui pusaran air tersebut dan mengalir ke kolam yang berada di lantai dua di bawahnya.

Sampah di Rain Oculus Singapura (Istimewa)

Remaja-remaja itu berlomba-lomba untuk melihat siapa yang bisa memasukkan barang ke dalam lubang di dasar mangkuk. Akibatnya, banyak koin dan setidaknya enam botol plastik di tempat itu.

Dalam video tersebut, terdengar suara para remaja itu dan suara dentingan koin yang dilemparkan. Di antara banyak celotehan, muncul teriakan nama Youtuber popular di Singapura. Saat itu juga terlihat banyak orang yang berkerumun di sekitar rombongan remaja tersebut.

Seolah-olah melempar benda mati ke bawah masih belum cukup, para remaja ini juga bermain-main dengan ide untuk menceburkan diri mereka sendiri.

“Ceburkan saja seluruh tubuh saya ke dalam,” ujar salah satu dari mereka, yang kemudian ditimpali oleh temannya, dengan berkata, “Bro, ceburkan diri saja ke dalam lah.

“Bro, lemparkan saja dirimu ke dalam.”

Pada tingkat puncak, ada 8.000 galon air per menit yang jatuh melalui atrium dan 200 ton air yang berputar-putar di dalam mangkuk.

Hingga bubar, tidak satu pun di antara mereka yang menceburkan diri ke sana. Mereka bubar dan meninggalkan koin, botol plastik, dan spidol di sana.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version