Jakarta –
Di era digital ini, penipuan melalui media online semakin marak, salah satunya adalah penipuan yang mengatasnamakan layanan customer service (CS). Penipuan dengan modus customer service palsu kerap terjadi baik melalui WhatsApp, media sosial, atau bahkan telepon.
Modus ini seringkali meyakinkan karena pelaku mengaku sebagai perwakilan resmi dari perusahaan atau layanan tertentu. Bahkan, penipuan berkedok customer service palsu pernah mengatasnamakan aplikasi dompet digital seperti DANA.
Modus ini tentunya berbahaya karena penipu kerap menyamar sebagai customer service DANA untuk mengelabui korban dan mencuri data pribadi atau uang. Untuk terhindar dari penipuan ini, DANA pun mengimbau masyarakat untuk melakukan 3 langkah #AwasJebakanBadman berikut:
1. Monitor
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah waspada dan selalu memonitor setiap komunikasi yang masuk, terutama jika ada yang menghubungi dan mengaku sebagai customer service DANA. Saat ini, DANA sudah tidak memiliki Customer Service via WhatsApp.
Selain itu, DANA hanya melayani keluhan dan aduan via DIANA di aplikasi DANA, email help@dana.id, Call Center DANA 1500 445, serta sosial media resmi DANA Indonesia. Jadi jika ada yang mengaku sebagai Customer Service DANA di WhatsApp, atau platform lain yang tidak disebut di atas, bisa dipastikan itu modus Customer Service palsu dan upaya penipuan.
2. Konfirmasi
Jika merasa ragu atau curiga dengan kontak yang menghubungi, langkah berikutnya adalah konfirmasi melalui fitur DANA Protection di aplikasi DANA. Melalui fitur ini, Anda bisa mengecek apakah nomor, link, atau akun sosial media yang menghubungi benar-benar berasal dari DANA atau bukan.
Untuk melakukan pengecekkan, cukup copy paste nomor, link, atau akun sosial media tersebut di bagian yang telah disediakan. Setelah itu nanti akan ketahuan asli atau tidaknya. Dan yang terpenting, Customer Service DANA tidak pernah menghubungi pengguna DANA terlebih dahulu tanpa adanya laporan. Jadi, jika ada yang mengaku Customer Service DANA dan menghubungimu tanpa ada laporanmu, berarti Customer Service tersebut palsu.
DANA Foto: dok. DANA
|
3. Lapor
Jika setelah melakukan pengecekan kamu menemukan bahwa kontak tersebut meragukan, langkah selanjutnya adalah melapor. DANA menyediakan fitur Report di dalam aplikasi DANA Protection, yang memungkinkan pengguna untuk melaporkan oknum yang menghubungi mereka dengan tujuan penipuan.
Adapun fitur Report akan langsung mengarahkan pengguna ke layanan dari Komdigi, untuk diproses lebih lanjut. Anda juga bisa mengirim laporan ke email help@dana.id atau Call Center DANA 1500 445 dan media sosial resmi DANA Indonesia. Pastikan juga untuk langsung memblokir dan report nomor atau akun media sosial tersebut.
Nah, itulah tiga langkah sederhana yang bisa dilakukan agar terhindar dari ancaman penipuan yang kian marak. Jangan khawatir untuk melakukan transaksi di DANA karena telah terproteksi DANA Protection. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera download dan transaksi pakai DANA.
(prf/ega)