Kamis, Oktober 3

Jakarta

Sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 hari kedua dimulai. Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo membuka langsung sidang tersebut.

Sidang digelar di ruang sidang MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Delapan hakim konstitusi hadir dalam sidang kedua tersebut, yakni Suhartoyo, Saldi Isra, Arief Hidayat, Daniel Y P Foekh, M Guntur Hamzah, Ridwan Mansyur, Enny Nurbaningsih, dan Arsul Sani.

“Kita mulai persidangan, persidangan PHPU 1/PHPU.PRES-XXII/2024 dan 2/PHPU.PRES-XXII/2024 dibuka dan dinyatakan terbuka untuk umum,” kata Suhartoyo.


Agenda sidang hari ini ialah mendengarkan jawaban KPU selaku termohon, tim hukum pasangan Prabowo-Gibran selaku pihak terkait. Kemudian juga mendengarkan keterangan dari Bawaslu selaku pemberi keterangan.

Suhartoyo kemudian mempersilakan setiap tim, baik tim hukum pemohon, termohon, pihak terkait hingga Bawaslu memperkenalkan diri. Pihak pemohon pun hadir dalam persidangan.

“Supaya diperkenalkan yang hadir,” ujarnya.

Sebagai informasi, sidang perdana sengketa pilpres telah digelar pada Rabu (27/3). Agenda sidang pertama ialah mendengarkan permohonan pemohon.

Permohonan yang diajukan oleh Anies-Cak Imin telah teregistrasi MK dengan Nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024. Sedangkan permohonan diajukan oleh Ganjar-Mahfud diregistrasi dengan Nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024.

(amw/zap)

Membagikan
Exit mobile version