Sabtu, Oktober 5


Jakarta

Mal Ciputra di Jakarta Barat sempat kebakaran dini hari kemarin. BPBD DKI Jakarta menyampaikan kebakaran berdampak ke lantai 4, 5, dan 6 bangunan. Api diduga dipicu gas bocor.

Polisi menyebutkan sumber api kebakaran berasal dari lantai 5 mal tersebut. Awal kejadian, cleaning service Mal Ciputra sedang membersihkan eskalator di lantai 5 mendengar suara percikan api. Saksi kemudian mencari tahu suara percikan api itu. Saat itu, saksi melihat api di restoran di lantai 5.

Kejadian ini kemudian dilaporkan kepada satpam. Satpam dan petugas sekuriti berusaha memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (Apar) dan hidran. Sebanyak 16 unit Damkar diturunkan ke lokasi. Api berhasil dipadamkan sekitar 30 menit.


Siapa pemilik Mal Ciputra?

Mal Ciputra awalnya berdiri sejak tahun 1993 di Surabaya sebagai salah satu bisnis komersial dari PT Ciputra Development Tbk. Ciputra sebagai pendiri perusahaan Ciputra Group yang bergerak di bidang properti.

Pria yang meninggal dunia pada 2019 dengan usia 88 tahun ini dikenal sebagai tokoh senior di dunia properti Tanah Air. Ciputra dikenal sebagai seorang pelopor bidang usaha properti di Indonesia. Kemampuannya teruji sukses merintis dan membesarkan tiga grup korporasi yakni Grup Jaya, Grup Metropolitan, dan Grup Ciputra.

Ciputra merupakan seorang pengusaha properti, tokoh entrepreneurship, dan filantropis yang lahir di Parigi, Sulawesi Tengah. Ciputra menjalani masa kecil yang tidak mudah karena harus kehilangan ayahnya yang ditangkap dan ditahan tentara penjajah.

Setelah kehilangan ayahnya, Ciputra menjadi tulang punggung keluarga. Sejak kecil, Ciputra sudah menunjukkan ketertarikannya terhadap dunia bisnis, arsitektur dan seni, yang tercermin dari intuisinya dalam merenovasi sebuah bangunan gudang.

Pada 1980-an, Ciputra bersama keluarga mendirikan Grup Ciputra. Melansir laman resmi perusahaan, PT Ciputra Development berhasil melantai perdana di Bursa Efek Jakarta pada tahun 1994. Di tahun yang sama, Citra Raya Tangerang resmi diluncurkan sebagai proyek berskala kota terbesar dengan luas 2.760 hektar.

Mal Ciputra sekarang Jumlah tujuh di Indonesia, diantaranya Mal Ciputra Jakarta, Mal Ciputra Tangerang, Mal Ciputra Cibubur, Mal Ciputra Semarang, Ciputra World Surabaya Mall, CitraLand Vittorio Wiyung Surabaya, dan Mall Ciputra Seraya.

Tak hanya mal, Ciputra Group sebagai perusahaan properti terkemuka di Indonesia yang memiliki berbagai bisnis seperti gedung perkantoran, hotel, apartemen, dan fasilitas rekreasi.

Sejak tahun 2002 posisi direktur utama PT Ciputra Development dipegang oleh Candra Ciputra Ia juga memegang jabatan di anak-anak perusahaan, di antaranya adalah sebagai Komisaris Utama PT Metrodata Electronics Tbk, Direktur Utama PT Ciputra Property Tbk, dan Direktur PT Ciputra Surya Tbk.

Demikian terkait informasi pemilik Ciputra Mal, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi detikers!

Simak Video: Mal Ciputra Tutup Sementara Setelah Kebakaran Dini Hari Tadi

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)

Membagikan
Exit mobile version