Senin, Oktober 14

Jakarta

Samsung Galaxy Ring pertama kali diluncurkan secara global pada Juli lalu, bersama Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. Sayangnya saat dua foldable itu diluncurkan di Indonesia, Galaxy Ring tidak ikut diboyong.

Muncul pertanyaan apakah cincin pintar ini akan dirilis di Indonesia. Rasa penasaran itu mulai terjawab karena tanda-tanda kehadiran Galaxy Ring di Tanah Air sudah terlihat.

Menurut pantauan detikINET, Sabtu (12/10/2024) Galaxy Ring sudah mengantongi restu Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ada delapan varian Galaxy Ring yang dinyatakan lolos uji Direktorat Jenderal Sumber Data dan Perangkat Pos Indonesia (Ditjen SDPPI) Kominfo pada 11 Oktober 2024.


Ke-8 varian Galaxy Ring itu memiliki nomor model SM-Q501, SM-Q502, SM-Q503, SM-Q505, SM-Q506, SM-Q507, SM-Q508, dan SM-Q509. Angka paling belakang di nomor model menandakan ukuran Galaxy Ring.

Galaxy Ring dirancang sebagai alat pemantau kesehatan 24/7, dengan bobot ringan mulai dari 2,3 gram hingga 3 gram. Cincin pintar ini memiliki ketahanan air hingga 10ATM dan finishing dari Titanium Grade 5.

Samsung membekali Galaxy Ring dengan baterai yang bisa bertahan hingga tujuh hari. Pengisian dayanya menggunakan charging case berbentuk unik, mirip seperti case TWS Galaxy Buds.

Galaxy Ring dilengkapi sejumlah fitur monitor kesehatan seperti Heart Rate Alert yang memberikan notifikasi instan mengenai detak jantung yang sangat tinggi atau sangat rendah. Pengguna juga bisa tracking lari dan jalan otomatis menggunakan fitur Auto Workout Detection.

Salah satu fitur unggulannya adalah Energy Score yang memanfaatkan Galaxy AI. Fitur ini bisa mengevaluasi kondisi fisik dan mental berdasarkan empat faktor yaitu tidur, aktivitas sehari-hari, detak jantung saat tidur, dan variabilitas detak jantung saat tidur.

Galaxy Ring juga memiliki beberapa fitur untuk memonitor tidur, seperti Sleep Score dan analisis mendengkur. Ada juga fitur Cycle Tracking untuk memonitor siklus menstruasi dengan lebih akurat berkat pemantauan suhu kulit.

Galaxy Ring bukan satu-satunya perangkat wearable baru dari Samsung yang akan dirilis dalam waktu dekat. Belum lama ini Galaxy Watch Ultra juga muncul di database e-Sertifikat Ditjen SDPPI dengan nomor model SM-L700.

Samsung Galaxy Ring lolos sertifikasi Foto: Screenshot/detikINET

Kedua perangkat wearable ini mungkin akan diumumkan bersamaan. Samsung sendiri saat ini belum buka suara soal kehadiran Galaxy Ring dan Galaxy Watch Ultra di Indonesia, termasuk jadwal rilisnya.

(vmp/afr)

Membagikan
Exit mobile version