Sabtu, Oktober 26

Jakarta

Apple bersiap untuk meluncurkan jajaran Mac terbaru yang ditenagai oleh chip M4. Kabar ini diumumkan melalui sebuah teaser yang diposting oleh Wakil Presiden Pemasaran Apple, Greg Joswiak, di media sosial.

“Mac(😉) kalender Anda! Kami memiliki minggu pengumuman yang menarik di depan, dimulai pada Senin pagi. Stay tuned…,” tulisnya.

Dengan pengumuman tersebut kemungkinan Apple tidak akan menggelar acara khusus untuk Mac tahun ini seperti peluncuran iPhone 16 pada September silam. Sebagai gantinya Apple akan memperkenalkan produk baru melalui siaran pers.


Jadi mulai Senin (28/10/2024) kita dihadapkan peluncuran pembaruan sistem operasi iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1. Bersamaan dengan itu akan ada pengumuman Mac baru yang disokong chip M4.

Chip M4 sendiri telah lebih dulu debut di iPad Pro terbaru dan mendapatkan pujian luas atas performanya yang luar biasa dan efisiensi daya yang tinggi. Kehadirannya di lini Mac diharapkan akan membawa peningkatan signifikan dalam hal kecepatan, grafis, dan masa pakai baterai.

Tidak ada detail lain yang diberikan tentang bentuk apa yang akan diambil pengumuman minggu depan. Namun rumor yang beredar menyebutkan bahwa beberapa model Mac akan mendapatkan pembaruan chip M4, termasuk MacBook Pro, iMac, dan Mac mini.

MacBook Pro 14 inch dengan chip M4 konon dibekali RAM 16GB untuk pertama kalinya dan menyertakan tiga port Thunderbolt 4, peningkatan dari tiga port pada model M3. Itu juga diharapkan memiliki CPU 10-core dan GPU 10-core, sebuah peningkatan dibandingkan dengan desain CPU 8-core chip M3.

Model MacBook Pro 14 inch dan 16 inch kelas atas juga akan mendapatkan peningkatan spesifikasi, diotaki chip M4 Pro dan M4 Max di dalamnya.

Apple juga sedang mempersiapkan peningkatan ke iMac 24 inci. Saat ini, iMac 24 inci didukung oleh chip M3, dan diharapkan untuk mendapatkan peningkatan ke chip M4. iMac 24 inci yang baru juga dapat menampilkan RAM 16GB yang ditingkatkan dan dua inti CPU tambahan, sama seperti model dasar MacBook Pro M4.

Mac mini juga akan mendapatkan penyegaran dramatis bulan ini. Selain konfigurasi baru dengan chip M4 dan M4 Pro, Mac mini mendapatkan desain ulang.

(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version