Kamis, Mei 16


Jakarta

TikTok Shop kembali hadir lewat kolaborasi dengan Tokopedia. Kehadirannya melalui platform Shop Tokopedia di aplikasi TikTok membawa berkah bagi para pelaku UMKM.

Diketahui, sejumlah seller brand lokal mencatatkan lonjakan penjualan produk yang signifikan setelah TikTok Shop menggandeng Tokopedia. Sebut saja brand skincare bayi Gently Indonesia, brand skincare pria Bromen, brand modest fashion Benang Jarum, Buttonscarves, brand lokal fashion anak Little Palmerhaus, hingga brand fashion Muslim, Heaven Lights.

M Thobroni Ali selaku CEO PT Solomon Indo Global yang merupakan produsen dari Bromen, mengatakan perusahaan baru merambah TikTok Shop di pertengahan tahun 2021. Lalu pada periode April-Mei 2022, pihaknya mengalami kenaikan penjualan hingga 10 kali lipat sebelum TikTok Shop sempat ditutup pada awal Oktober 2023 seiring dengan kepatuhan terhadap Kementerian Perdagangan.


“Kami mendapatkan efek yang luar biasa karena saat itu kami menemukan ini winning campaign yang kemudian membuat kami bisa beriklan lebih masif dan respons pasar cukup bagus,” katanya dalam keterangannya, Senin (15/4/2024).

Karena itu, kabar kembalinya TikTok Shop menjadi angin segar bagi Bromen. Setelah 1,5 bulan aktif berjualan di Shop | Tokopedia, tokonya mengalami lonjakan transaksi. Bahkan diakuinya pendapatannya bertambah 150 kali lipat, dibandingkan saat awal bergabung ke TikTok Shop.

“Akhirnya alhamdulillah saya ingat tanggal 12-12, TikTok Shop dibuka, walaupun sistemnya saat itu masih buka tutup waktu itu,” katanya.

Pria yang akrab disapa Roni itu menilai kolaborasi TikTok Shop dan Tokopedia semakin memperkuat posisi brand lokal. Sehingga brand lokal semakin dilirik masyarakat.

“Jadi masyarakat lebih mengenal brand lokal, kami juga ikut Kampanye Beli Lokal 12.12. Justru lebih powerful dengan kerja sama Tokopedia, karena actionnya-brand lokal sangat diprioritaskan untuk UMKM,” jelasnya.

Kondisi serupa juga dialami oleh Gently Indonesia. Co-founder dan CEO Gently Indonesia Nyoman Anjani pun menceritakan bagaimana TikTok Shop mendorong pendapatan perusahaan.

Tak hanya menyumbang sekitar 50% sumber pendapatan online, menurutnya kehadiran Shop Tokopedia juga semakin memperluas segmen pasar dengan memanfaatkan afiliator.

Sekadar informasi, Gently dirilis pertama kali pada April 2022 dan perusahaan menjual lewat TikTok Shop sejak September 2022, atau 4 bulan setelah launching. Saat ini Gently sudah menggandeng lebih dari 14.000 afiliator dan jumlahnya berpotensi terus bertambah.

“TikTok sangat membantu para ibu rumah tangga, yang mereka sebenarnya mengurus anak, tapi rajin bikin konten, bisa banget bantu rumah tangga di Indonesia karena mereka bisa dapat komisi, bisa bayangin Rp 10 juta per bulan itu lumayan banget, itu dari perhitungan misalnya GMW [nilai tranksaksi kotor] bisa ratusan juta rupiah yang mereka [affiliates] generate,” paparnya.



Membagikan
Exit mobile version