Kamis, Oktober 10

Jakarta

Rasa lapar yang tidak terkendali bisa diatasi dengan menjalani pola makan seimbang. Salah satunya dibantu dengan mengonsumsi 5 makanan penahan nafsu makan alami ini.

Beberapa orang mungkin memiliki kondisi dimana tubuhnya sering merasa lapar tiba-tiba atau merasa tidak pernah kenyang setelah makan. Hal ini perlu diwaspadai karena bisa mengganggu kesehatan secara keseluruhan.

Selain konsultasi ke dokter, cara lain untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengonsumsi makanan yang dapat menahan nafsu makan alami.


Karena makanan pada dasarnya adalah bahan bakar, pastikan kamu tetap mengonsumsi banyak makanan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Seorang ahli bedah bariatrik dan direktur medis Memorial Care Surgical Weight Loss Center di Orange Coast Medical center, Mir Ali, MD menyarankan agar setiap orang mengonsumsi banyak protein dan makanan berserat tinggi karena bisa membuat kenyang lebih lama.

Jika sudah mengonsumsi banyak protein dan serat tetapi masih merasa lapar, ada baiknya menambahkan satu atau dua penekan nafsu makan alami ke dalam menu harian.

Terdapat beberapa makanan yang secara umum dapat menekan nafsu makan secara alami. Melansir Womenshealthmag.com (03/10/2024), berikut daftar makanannya!

1. Teh hijau

Minum teh hijau dapat membantu menahan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme. Foto: Getty Images/iStockphoto

Khasiat teh hijau sudah terkenal sejak lama sebagai minuman teh yang mengandung banyak nutrisi penting.

Salah satu senyawa yang terkandung di dalamnya adalah katekin, yang dapat membantu mengatur rasa lapar dan meningkatkan metabolisme. Teh ini juga mengandung sedikit kafein yang dapat mengekang nafsu makan sementara.

Jika sering merasa lapar atau belum merasa kenyang, coba konsumsi teh hijau ini.

2. Kopi

Kopi juga bisa menekan nafsu makan dan menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan benar. Foto: Ilustrasi iStock

Kopi sering menjadi andalan karena kandungan kafeinnya dapat meningkatkan energi.

Selain manfaat tersebut, konsumsi kopi juga bisa menjadi penahan nafsu makan alami.

Ahli gizi Gans mengungkap jika kafein dalam kopi dapat membantu menekan nafsu makan, tetapi efeknya kemungkinan besar hanya berlangsung dalam jangka pendek.

Kopi juga merangsang thermogenesis (proses menghasilkan panas dalam tubuh) yang dapat membuat seseorang merasa kenyang.

Menurut studi tahun 2020 dalam International Journal of Pharmaceutical Research, minum kopi setidaknya 200 hingga 250 ml setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, perlu diingat, khasiatnya akan lebih efektif jika kopi diminum begitu saja tanpa tambahan pemanis apapun.

Makanan lain yang bisa menahan nafsu makan bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Studi Sebut Diet Rendah Lemak Lebih Efektif Dibandingkan Keto
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version