Minggu, Oktober 6

Jakarta

Kram otot dapat dipicu karena beberapa kondisi. Untuk meredakannya, kamu bisa konsumsi makanan enak yang tinggi potasium dan air.

Kram otot merupakan kondisi ketika otot tiba-tiba mengalami kontraksi yang tidak sengaja. Umumnya kram otot terjadi setelah melakukan aktivitas fisik yang berat.

Tak hanya itu kekurangan nutrisi dan ketidakseimbangan cairan juga bisa mengakibatkan kram otot. Ini bisa terjadi pada bagian kaki, tangan, leher, dan perut.


Obat untuk meredakannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung potasium, vitamin C, tinggi kandungan air.

Dikutip dari Webmd (06/03/24) berikut 5 makanan enak yang cocok untuk meredakan kram otot.

1. Pisang

Pisang merupakan sumber potasium yang baik Foto: Getty Images/LightStock

Pisang merupakan sumber potasium yang baik. Selain itu, nutrisi pisang juga dilengkapi dengan magnesium dan kalsium. Ketiganya merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk meredakan kram otot.

Tak hanya itu, pisang juga kaya akan kalium. Kalium merupakan elektrolit yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal sehingga meningkatkan fungsi jantung.

Kalium juga berperan membantu otot-otot terhindar dari rasa nyeri dan kram, terlebih setelah olahraga. Dalam 100 gram pisang mengandung 358 mg kalium.

2. Ubi Jalar

Sama seperti pisang, ubi jalar pun dapat memberikan asupan potasium, kalsium, dan magnesium. Bahkan kandungan kalsiumnya 6 kali lebih banyak dibandingkan pisang.

Kandungan kalsium itulah yang berperan untuk mendukung fungsi saraf dan membantu kontraksi otot. Dalam 100 gram ubi jalar terdapat 27 miligram potasium.

Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin, mineral penting, dan senyawa lainnya yang terdapat di bagian daging maupun kulitnya.

Makanan untuk redakan kram otot ada di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version