Rabu, Oktober 2

Jakarta

Pisang menjadi buah yang sering disajikan di meja makan. Selain rasanya yang enak, buah ini mudah dikonsumsi dan juga mengandung banyak manfaat bagi orang yang memakannya.

Meski demikian, pisang juga memiliki sisi negatif. Simak artikel ini untuk mengetahui efek samping pisang yang harus diwaspadai.

Apa Saja Efek Samping Pisang?

Dirangkum dari situs WebMD dan buku Tips Membuat Olahan dari Pisang yang Mudah dan Praktis (2024) oleh Majella Setyawan, berikut ini 7 efek samping pisang yang mungkin belum diketahui banyak orang.


1. Mengakibatkan Kerusakan Gigi

Makanan manis dapat merusak gigi. Hal ini juga berlaku pada buah-buahan, termasuk pisang. Penelitian menunjukkan pisang dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada gigi daripada cokelat dan permen karet manis. Setelah makan pisang jangan lupa gosok gigi, ya!

2. Kadar Gula Darah Naik

Rasa manis pada pisang juga dapat meningkatkan kadar gula darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko diabetes jika makan pisang terlalu banyak. Menurut University of Sydney, indeks glikemik (GI) pisang yang terlalu matang berada di angka 62, dan mendorongnya ke posisi Gl sedang.

Bagi penderita diabetes, maka harus benar-benar diperhatikan jika makan pisang. Jangan makan berlebihan dan sebaiknya pilih pisang yang kurang matang karena mengandung tingkat GI rendah.

3. Menambah Berat Badan

Kandungan serat pisang sebetulnya baik untuk pelaku diet karena dapat menjaga perut tetap kenyang. Tetapi jika pisang dikonsumsi secara berlebihan, tetap saja hal ini bisa menambah berat badan. Sebab pisang selain mengandung vitamin juga mengandung karbohidrat dan kalori.

4. Menyebabkan Migrain

Migrain terjadi salah satunya dipicu oleh bahan kimia dan nutrisi tertentu. Ternyata pisang adalah buah yang membawa salah satu senyawa berbahaya ini, yaitu tiramin.

Senyawa ini terbukti mempengaruhi perkembangan migrain. Jika kamu punya riwayat migrain, jangan ambil risiko makan pisang kebanyakan.

5. Menyebabkan Hiperkalemia

Pisang adalah sumber potasium yang baik, terutama bagi penderita hipokalemia. Tetapi jika kelebihan nutrisi ini, maka justru menyebabkan hiperkalemia, yaitu kondisi yang merusak fungsi sel saraf dan otot.

6. Menyebabkan Sembelit

Hati-hati jika makan pisang terlalu banyak, karena buah ini mengandung sejumlah asam tanat di dalam setiap porsinya. Meskipun kandungannya kecil, tetapi jika pisang dikonsumsi sekaligus maka bisa menyebabkan sembelit.

Sembelit ada yang ringan dan ada yang berat. Sembelit kronis bisa menyebabkan kerusakan parah pada saluran pencernaan dan harus ditangani di rumah sakit.

7. Perut Kembung

Pisang sebetulnya aman dimakan, tetapi ketika kebanyakan bisa menyebabkan efek samping. Salah satu yang ringan adalah membuat perut kembung, mengandung gas, dan kram.

Cara Terbaik Mengkonsumsi Pisang

Untuk mencegah efek samping dari pisang, kita harus mengetahui cara terbaik mengkonsumsi pisang. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Makan Pisang Sebelum Makan Utama

Salah satu waktu makan pisang yang terbaik adalah sebelum makan makanan utama. Hal ini bermanfaat untuk membantu perut cepat merasa kenyang, sehingga asupan makanan utama bisa dibatasi dan berat badan tetap terjaga.

2. Makan Pisang di Siang Hari

Pilihan lainnya adalah makan pisang di siang hari. Di siang hari, biasanya energi tubuh sudah banyak berkurang karena aktivitas. Pisang dapat membantu mengembalikan energi karena terdapat kandungan gula alami di dalamnya.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi dua pisang dapat memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas berat selama 90 menit.

3. Makan Pisang Sebelum Jam Tidur

Makan pisang sebelum jam tidur bermanfaat untuk beberapa hal, misalnya mengatasi gangguan tidur pada malam hari. Kandungan triptofan, magnesium, vitamin B6, karbohidrat, dan potasium mampu meningkatkan kualitas tidur.

4. Kombinasikan dengan Buah Lain

Meskipun suka pisang, detikers juga perlu mengkombinasikannya dengan buah lain agar tubuh juga mendapatkan asupan gizi yang bervariasi.

5. Jumlah Porsi

Efek samping pisang akan muncul jika makan terlalu banyak. Lantas berapakah jumlah pisang yang aman dikonsumsi? Umumnya makan pisang cukup 1-2 buah per hari. Disarankan untuk tidak makan pisang yang terlalu matang karena sudah tinggi kadar gulanya.

Demikian tadi ulasan mengenai efek samping pisang yang harus diwaspadai. Meski cenderung aman dikonsumsi, tetap harus dibatasi jumlah konsumsinya.

(row/row)

Membagikan
Exit mobile version