Senin, Oktober 14


Jakarta

Kelapa termasuk buah serbaguna. Semua bagian kelapa pun dapat dimanfaatkan, mulai dari batoknya, daging, hingga airnya.

Air kelapa atau daging buah kelapa sering dikonsumsi karena enak dan berkhasiat. Selain itu, kelapa juga kerap diolah menjadi bahan utama pada produk kecantikan.

Namun, tahukah kamu bahwa kelapa merupakan salah satu buah yang tidak menyisakan limbah. Dalam artian, semua bagian kelapa bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga tidak menyisakan sampah.


Melalui unggahan video Instagram, seorang konten kreator bernama Dr Shilpa Arora mengungkap bagaimana cara memanfaatkan kelapa dengan baik.

Semua bagian kelapa bermanfaat, mulai dari minyak kelapa yang baik untuk meningkatkan kesehatan rambut, air kelapa yang bagus sebagai elektrolit hingga asam laurat di dalam buah ini bahkan bisa meningkatkan aktivitas otak, lapor indianexpress.com (06/10/2024).

Subah Saraf, salah satu pendiri gerakan Satvic juga ikut menunjukkan cara memanfaatkan buah ini dengan baik.

“Kelapa benar-benar sebuah hadiah dari alam. Sungguh menakjubkan melihat bagaimana setiap bagiannya dapat digunakan dengan berbagai cara. Hampir tidak meninggalkan apapun untuk disia-siakan,” ujarnya.

Daging buah kelapa bisa dikonsumsi menjadi makanan hingga minuman lezat. Foto: iStock

Menurutnya, daging lembut di dalam kelapa dapat dimakan dan bernutrisi. Dagingnya bisa menjadi camilan sehat atau diolah menjadi milkshake hingga dessert.

Daging kelapa juga bisa dimasak dan diolah menjadi minyak goreng hingga margarin. Dapat diawetkan dengan cara dikeringkan menjadi kopra untuk diambil minyaknya.

Berbicara tentang air kelapa, minuman ini menyegarkan dan dipenuhi dengan nutrisi. Di dalamnya terkandung potasium, sodium, elektrolit, kalsium, hingga vitamin C.

Minum air kelapa dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kandungan elektrolitnya juga mendukung aktivitas sel dan jaringan tubuh serta menjaga keseimbangan kadar cairan tubuh.

Minum air kelapa juga mampu mencegah risiko penyakit jantung. Di dalamnya tidak terkandung kolesterol dan lemak yang kerap menjadi faktor utama penyakit jantung.

Air kelapa juga berutrisi baik untuk kesehatan. Foto: Getty Images/Narong KHUEANKAEW

Subah Saraf juga menjelaskan bahwa bagian batok kelapa dapat dimanfaatkan sebagai mangkuk yang indah. Serabut kelapa yang berwarna cokelat pun serbaguna, bisa diubah menjadi tali, keset, hingga sikat.

Serat serabut kelapa juga kerap dipakai menjadi sebuah sarang, jerami untuk rumah, atau hanya digunakan untuk isian bantal.

Bahkan, bagian akar hingga bunganya sering dimanfaatkan menjadi obat tradisional, untuk mengatasi masalah demam sampai disentri.

(aqr/adr)

Membagikan
Exit mobile version