Selasa, Juli 2
Jakarta

Rumah hadiah yang diberikan negara untuk Presiden Joko Widodo mulai dibangun. Rumah hadiah itu berlokasi di tepian Jalan Adi Sucipto, Colomadu, Karanganyar.

Adapun, pemberian rumah bagi mantan Presiden dan Wakil Presiden itu diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pengadaan dan Standar Rumah bagi Mantan Presiden dan/atau Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Dirangkum detikcom, Kamis (27/6/2024), berikut serba-serbi rumah hadiah negara untuk Jokowi:


Lahan Mulai Dipagari Besi, Alat Berat Masuk

Lahan seluas satu hektare itu mulai dipagari besi, rumput dan semak pun mulai dipangkas. Dilansir detikJateng, alat berat seperti ekskavator hingga backhoe mulai memasuki lahan kosong di wilayah Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu itu.

“Yang kita lihat, dimulai dari Senin (24/6) kemarin sudah ada kegiatan untuk pemagaran keliling di dalam area yang akan dibangun rumah Pak Jokowi itu,” kata Kepala Desa Blulukan, Slamet Wiyono, dilansir detikJateng, Rabu (26/6/2024).

Slamet mengatakan, juga ada koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) soal pemangkasan pohon yang mengganggu aktivitas material masuk ke lahan tersebut. Tak hanya itu, koordinasi dengan provider serta PLN pun dilakukan untuk pembenahan kabel-kabel yang melintas di sekitar jalan.

“Hari ini tadi baru tahap itu, di depannya itu ada beberapa pohon yang barangkali mengganggu aktivitas untuk material masuk ke area itu. Lha itu baru minta izin ke PUPR terkait untuk menebang pohon yang dirasa mengganggu aktivitas material yang akan masuk,” ujar Slamet, kemarin.

Menurut Slamet, pembangunan rumah hadiah negara untuk Jokowi itu diperkirakan akan selesai tahun depan. “Untuk progres selanjutnya seperti apa kita belum tahu, karena info nanti dari pihak CV yang akan membangun rumah itu seperti apa. Site plan juga seperti apa kita kurang tahu. Masih 2025 selesainya, tahun ini mungkin masih kerangka,” sambung dia.

Simak juga Video ‘Jokowi Pastikan Belum Ada Proyek Strategis di Barito Timur Meski Dekat IKN’:

[Gambas:Video 20detik]

Saksikan Live DetikPagi:

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version