Rabu, Juli 3


Jakarta

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara akan diperingati pada tanggal 1 Juli 2024. Dalam rangka menyemarakkan, akan diselenggarakan perayaan Hari Bhayangkara tahun 2024 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

“Hadirilah, perayaan Hari Bhayangkara ke-78 Menuju Indonesia Emas 1 Juli 2024 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat,” demikian keterangan yang dilansir akun resmi Divisi Humas Polri (Instagram @divisihumaspolri), Sabtu (29/6/2024).

Acara bertajuk Hari Bhayangkara ke-78 Menuju Indonesia Emas itu terbuka untuk masyarakat umum dan tanpa dipungut biaya alias gratis. Akan ada pesta rakyat, pertunjukan musik, hingga wahana permainan, serta hiburan lainnya.


Berikut informasi selengkapnya:

  • Acara: Hari Bhayangkara ke-78 Menuju Indonesia Emas
  • Hari, Tanggal: Senin, 1 Juli 2024
  • Waktu: Pukul 14.00 – 22.00 WIB
  • Tempat: Lapangan Monas, Jakarta Pusat

[Gambas:Instagram]

Tahun ini, Hari Bhayangkara 2024 mengusung tema ‘Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas’.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan pada rangkaian kegiatannya akan diisi dengan acara formal seperti upacara dan defile. Namun ada juga berbagai hiburan yang menampilkan keragaman budaya Indonesia.

“Tentunya nanti akan ada kegiatan formal terkait dengan kegiatan tradisi yang kita laksanakan mulai dari upacara sampai dengan defile, dan kemudian nanti juga ada kegiatan-kegiatan yang hiburan yang mungkin, ini juga menjadi bagian untuk kita bisa melihat berbagai macam keberagaman, budaya yang ada di Indonesia,” ungkap Sigit.

Lebih lanjut, Sigit berharap, acara itu dapat menjadi ajang bagi masyarakat untuk bersama-sama menikmati berbagai acara yang telah dipersiapkan oleh Polri.

Di sisi lain, mantan Kabareskrim Polri itu mengatakan, Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga dijadwalkan akan hadir.

“(Jokowi dan Prabowo diundang) Insyaallah kita undang beliau-beliau dan mudah-mudahan semua undangan bisa hadir,” ucapnya.

HUT Bhayangkara atau Hari Bhayangkara juga sering disebut HUT Polri atau Hari Kepolisian Nasional. Hari ini diperingati setiap tanggal 1 Juli dalam rangka memperingati hari jadi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sejak 1 Juli 1946.

Hal tersebut sesuai dengan Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946. Sejarahnya, tanggal 1 Juli 1946 menjadi hari penting di mana pemerintah menetapkan untuk memperkuat kedudukan kepolisian di Indonesia. Melalui penetapan ini, kepolisian dapat setingkat dengan Departemen dan kedudukan Kepala Kepolisian Negara (KKN) setingkat dengan menteri.

Istilah Bhayangkara diambil dari nama pasukan elit pada masa Kerajaan Majapahit. Pasukan Bhayangkara terdiri atas 15 pengawal raja dan kerajaan yang saat itu adalah Jayanegara dan dipimpin oleh Patih Gajah Mada.

(wia/idn)

Membagikan
Exit mobile version