Sabtu, September 28


Jakarta

Hari Olimpiade Internasional atau International Olympic Day diperingati pada tanggal 23 Juni. Hari ini untuk memperingati berdirinya Komite Olimpiade Internasional pada 23 Juni 1894 oleh Baron Pierre de Coubertin.

Lalu, bagaimana sejarah peringatan Hari Olimpiade Internasional 23 Juni? Berikut ulasannya.

Dilansir situs Olympics, pada tahun 1947 saat Sidang Komite Olimpiade Internasional ke-41 di Stockholm, Dokter Gruss, anggota Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) di Cekoslowakia, menyampaikan laporan tentang perayaan Hari Olimpiade Sedunia yang pada dasarnya akan menjadi hari untuk mempromosikan gagasan Olimpiade.


Proyek ini diadopsi beberapa bulan kemudian pada kesempatan Sidang IOC ke-42 di St Moritz, Januari 1948. Lalu, tanggal 23 Juni dipilih sebagai Hari Olimpiade Internasional untuk memperingati berdirinya Komite Olimpiade Internasional di Sorbonne, Paris, pada tanggal 23 Juni 1894, di mana Pierre de Coubertin menghidupkan kembali Olimpiade.

Hari Olimpiade pertama diperingati pada tanggal 23 Juni 1948. Hari ini dirayakan untuk mempromosikan dan menyebarkan kesadaran masyarakat tentang olahraga serta mendorong lebih banyak orang untuk ambil bagian dalam kegiatan Olimpiade.

Salah satu kegiatan inti saat Hari Olimpiade Internasional adalah lari. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1987, acara ini diselenggarakan untuk merayakan Hari Olimpiade dan mempromosikan praktik olahraga massal.

Tema Hari Olimpiade Internasional 2024

Peringatan Hari Olimpiade Internasional 2024 memakai tema “Let’s Move and Celebrate”. Tema tahun ini bertujuan untuk mengobarkan semangat terhadap Olimpiade Paris 2024 dengan mendorong masyarakat untuk aktif dan merasa terhubung melalui olahraga.

Bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Hari Olimpiade 2023, ‘Let’s Move’ merupakan inisiatif berkelanjutan yang dipelopori oleh IOC yang mengajak semua orang meluangkan waktu untuk bergerak setiap hari.

“Hari Olimpiade tahun ini adalah hari yang sangat istimewa, yang diadakan tepat sebelum Paris 2024. Perayaan ini akan menentukan jalannya beberapa Pertandingan Olimpiade yang luar biasa di Kota Cahaya musim panas ini. Para atlet, penggemar, seluruh komunitas Olimpiade – kita semua – menantikan Paris 2024,” kata Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach yang menyoroti pentingnya Olimpiade Paris 2024 dalam menginspirasi dunia untuk bergerak.

(kny/imk)

Membagikan
Exit mobile version