Senin, September 16


Jakarta

Olimpiade 2024 Paris dibuka pada hari ini, Jumat (26/7) malam di sepanjang Sungai Seine, tepat di jantung ibu kota Prancis. Traveler yang berencana liburan ke Paris, harus tahu informasi ini.

Dilansir dari Independent, Jumat (26/7) menjelang pembukaan Olimpiade Paris 2024, pemerintah Paris mengambil kebijakan dengan menutup tiga bandara Paris. Selain itu, diterapkan zona larangan terbang di Prancis utara selama upacara pembukaan.

Sejumlah negara pun menghimbau warganya untuk menyiapkan sejumlah dokumen bila ingin bertandang ke Paris. Contohnya, Kantor Luar Negeri Inggris memperingatkan warganya memeriksa peraturan yang berlaku.


“Hingga Jumat 26 Juli, Anda akan memerlukan tiket digital untuk bepergian ke beberapa wilayah Paris karena persiapan untuk upacara pembukaan Olimpiade. Aturan yang berbeda akan berlaku tergantung pada apakah Anda bepergian dengan berjalan kaki, bersepeda, atau dengan mobil atau kendaraan lain,” tulisnya.

Bagaimana penerbangan menjelang olimpiade?

Penerbangan terakhir menjelang pembukaan olimpiade diperkirakan dari adalah Air France, yang terbang dari Edinburgh ke bandara Charles de Gaulle. Diperkirakan pesawat mendarat pada pukul 17.10.

Setelah itu, langit akan ditutup hingga tengah malam. Hampir semua pesawat akan dilarang terbang di lingkaran dengan radius 80 mil laut yang berpusat di katedral Notre-Dame di Paris mulai pukul 18.30 hingga tengah malam waktu setempat.

Biasanya, hari Jumat terakhir bulan Juli akan menjadi salah satu hari tersibuk dalam setahun untuk penerbangan, dengan 350.000 penumpang melewati bandara-bandara besar Paris yaitu Charles de Gaulle (CDG), Orly, serta Beauvais, pangkalan maskapai penerbangan murah utama di utara ibu kota.

Namun, di momen olimpiade ini hanya penerbangan oleh militer, bea cukai, polisi, polisi, keamanan sipil, atau pesawat darurat yang akan diizinkan di area tersebut. Bersama dengan pesawat yang bertugas merekam Olimpiade 2024 dan penerbangan yang membawa pejabat tinggi yang diakreditasi oleh Kementerian Luar Negeri Prancis.

Kenapa diberlakukan zona larangan terbang?

Zona larangan terbang diberlakukan karena kekhawatiran akan serangan teroris.

“Area larangan terbang sementara (ZIT Ceremonie) dibuat untuk memastikan penerapan pengaturan keamanan udara khusus sebagai bagian dari perlindungan upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024,” kata Otoritas Penerbangan Sipil Prancis (dikenal sebagai DGAC).

Maskapai easyJet telah membatalkan hampir 100 penerbangan ke dan dari ibu kota Prancis karena penutupan wilayah udara. Biasanya pesawat tersebut akan membawa sekitar 18.000 penumpang.

Bahkan jika Anda tidak akan ke Paris, banyak rute penerbangan dari Inggris biasanya melewati ibu kota Prancis tersebut dan mereka harus memutar melewati zona eksklusi, sehingga menambah kepadatan di udara. Rute yang biasanya melewati Paris termasuk Bristol ke Milan, Edinburgh ke Marseille, dan dari Nice ke London Heathrow atau Manchester.

Bagaimana suasana di sana sekarang?

Tentu saja suasananya berbeda dibanding biasanya. Sebelas stasiun Métro dan RER (kereta pinggiran kota) utama di area pusat sudah ditutup, termasuk yang melayani Menara Eiffel, Place de la Concorde, dan Champs Elysées.

Penutupan jalan untuk operasi keamanan besar-besaran di sekitar upacara pembukaan diperkirakan akan menimbulkan kekacauan. Sistem izin untuk kendaraan juga, di beberapa area, untuk pengendara sepeda dan pejalan kaki sudah diberlakukan.

Berapa harga tiket penerbangan ke Paris?

detikcom pun mencoba mencari penerbangan rute Jakarta-Paris melalui Google Flight untuk tanggal 27 Juli. Disebutkan harga tiket cukup tinggi di momen ini.

Cukup banyak pilihan penerbangan yang bisa traveler pertimbangkan. Maskapai termurah yang menyediakan penerbangan ke Paris yaitu Thai Airways dengan harga Rp 8,8 juta (lama penerbangan 17 jam, 1 kali transit).

Namun, pada tanggal 27 Juli, harga tiket pesawat ke Paris lebih murah. China Eastern menawarkan terbang mulai Rp 7 jutaan.

Berapa biaya menginap di Paris?

Jauh lebih murah daripada musim panas biasa di Paris, untuk hotel. Pejabat pariwisata memberi tahu bahwa mereka memperkirakan sekitar satu dari tiga kamar hotel akan kosong selama Olimpiade. Selama musim panas biasa, hanya satu dari 10 kamar yang tersedia.

Tentu saja beberapa hotel bintang lima dipesan penuh dengan kamar seharga £1.000 per malam atau lebih. Namun, sebagian besar pemilik hotel memutuskan untuk menurunkan tarif mereka.

Juga bila traveler ingin berwisata di momen olimpiade yang berlangsung hingga 11 Agustus mendatang, disarankan melakukan pemesanan tiket wisata terlebih dahulu sebelum datang. Cari tahu jika bagaimana panduan turis yang ingin berkeliling Paris.

Kemungkinan Kota Paris akan lebih ramai dibanding biasanya. Dan traveler harus siap dengan kemungkinan macet dan lainnya.

Bisakah turis menonton olimpiade?

Bisa kok. Kamu bisa membeli tiket melalui aplikasi Paris 2024 dengan harga mulai 15 euro. Namun harganya melonjak tajam khusus di momen pembukaan menjadi 1.600 euro.

Ribuan tiket tersedia untuk sepak bola putra dan putri. Judo, anggar, dan bulu tangkis termasuk di antara banyak cabang olahraga lain yang ditawarkan.

Selain itu, ada 26 zona penggemar, dimana penonton bisa menonton gratis untuk mengikuti perkembangan Olimpiade, menonton siaran acara, dan menikmati kemeriahannya.

(sym/fem)

Membagikan
Exit mobile version