Selasa, Oktober 15

Jakarta

SpaceX yang dinakhodai Elon Musk, beberapa kali menghadirkan momen keajaiban dalam peluncuran roket. Dahulu, mereka mengundang decak kagum karena berhasil mendaratkan roket dengan sempurna dari angkasa, sehingga bisa digunakan kembali. Kini, SpaceX mampu menangkap roket terkuat dan terberat Starship, dalam momen yang disebut seperti sihir.

Bagaimana tidak, lengan ‘sumpit’ di menara peluncuran yang disebut sebagai Mechazilla oleh Elon Musk, berhasil menangkap pendorong tahap pertama atau booster Starship yang kembali setelah uji terbang. Manuver inovatif ini merupakan tonggak penting dalam upaya SpaceX menggunakan kembali roket itu secara cepat.

“Bahkan pada hari dan zaman ini, apa yang baru kita saksikan terlihat seperti sihir,” kata juru bicara SpaceX, Dan Huot di lokasi peluncuran, yang dikutip detikINET dari Space.com.


SpaceX mengatakan para teknisinya menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempersiapkan dan berbulan-bulan menguji upaya penangkapan booster tersebut. “Para engineer menghabiskan puluhan ribu jam untuk membangun infrastruktur guna memaksimalkan peluang keberhasilan kami,” kata mereka.

Tim memantau untuk memastikan ribuan kriteria terpenuhi baik di wahana maupun di menara. Jika persyaratan tak terpenuhi, booster akan dialihkan untuk mendarat di Teluk Meksiko, seperti pengujian sebelumnya. Namun pengujian kali ini mendapat lampu hijau, di mana booster melambat dari kecepatan supersonik dan lengan sumpit yang kuat menangkapnya dengan sempurna.

Elon Musk pernah menjelaskan mengenai Mechazilla. “Ini adalah menara yang dikustomisasi yang didesain untuk menangkap obyek terbang paling besar dan paling berat yang pernah dibuat dan menangkapnya dari udara,” kata orang terkaya di dunia itu.

Beratnya 250 ton, tapi Elon Musk menyebut di masa depan, desainnya mungkin lebih ringan. “Ketika mesin (roket) mendarat, ia akan menurunkan kecepatannya hingga hampir nol dan mendarat di antara lengan,” tambah Musk.

“Lengannya akan melebar dan saat (roketnya) datang, lengannya akan menutup, menempel pada sisi kendaraan dan kendaraan angkasa akan turun melalui lengannya,” lanjut Musk.

Metode penangkapan di udara yang baru ini menjanjikan penghematan biaya dan waktu yang signifikan. Dengan menangkap booster di udara, SpaceX dapat mempercepat proses turnaround, memungkinkan penggunaan kembali roket yang lebih cepat dan lebih sering.

(fyk/fyk)

Membagikan
Exit mobile version