Selasa, September 24


Jakarta

Suara gemuruh tabuhan drum menggema di GOR Ranggajati Cirebon selama kegiatan AXIS Nation Cup 2024 yang digelar sejak tanggal 20-22 September. Terdapat 40 tim futsal tingkat SMA/SMK sederajat se-wilayah Cirebon Raya bertanding memperebutkan piala pada turnamen ini.

Masing-masing tim saling adu strategi guna dapat lolos ke babak selanjutnya sampai di babak final. Ajang AXIS Nation Cup 2024 bukan hanya sebagai ajang promosi, melainkan sebagai ajang mengembangkan talenta-talenta muda dalam bidang olahraga futsal yang belakangan ini sangat digandrungi oleh generasi muda.

Yang menjadi sorotan dalam turnamen yang diselenggarakan AXIS ini adalah bentuk dukungan dari masing-masing suporter tim futsal yang tidak pernah lelah bernyanyi selama mendukung tim kebanggaan masing-masing sekolah.


Seperti yang dilakukan oleh suporter tim futsal SMAN 8 Kota Cirebon yang kompak bernyanyi dan melakukan gerakan koreo selama pertandingan. Seperti yang dilakukan oleh Maulana Rizwa Ibrahim (17) dengan semangat memimpin ratusan suporter selama pertandingan.

Kemeriahan suporter saat mendukung tim kebanggaan dalan ajang AXIS Nation Cup 2024 (Foto: Devteo Mahardika/detikcom)

Berbagai macam persiapan dilakukannya bersama teman-temannya, seperti mempersiapkan alat snare dan bass drum.

“Kami sudah persiapkan sebelum pelaksanaan turnamen ini buat meriahin turnamen ini. Dengan kami nyanyi juga kan bisa kasih semangat lebih buat tim kami saat bertanding,” kata dia kepada detikJabar.

Tidak hanya dari suporter, sebelum pertandingan hampir dari seluruh pemain dari masing-masing tim juga turut melakukan sejumlah persiapan. Seperti yang dilakukan oleh pemain dari tim futsal SMAN 1 Sumber Cirebon, Nurarohim (17) mengaku ia bersama tim nya selalu melakukan latihan rutin.

“Dalam satu minggu kita latihan 3 kali bahkan dalam satu minggu bisa sampai 4 kali latihan,” jelasnya.

Mental merupakan hal yang paling dipersiapkan sebelum bertanding dalam ajang AXIS Nation Cup 2024. Pasalnya mental menjadi bagian penting dari setiap pertandingan.

“Percuma juga kali ya kalau skill sudah bagus dan strategi yang rapi, tapi kalau mentalnya lemah semua itu enggak akan berjalan secara maksimal,” ucapnya.

Sementara itu, pelatih dari SMAN 1 Palimana, Vergian Vandi (24) menyampaikan AXIS Nation Cup 2024 berjalan sangat meriah dan mendapatkan antusias dari masing-masing tim yang bertanding.

“AXIS Nation Cup 2024 ini berjalan sangat meriah yang mempertandingkan tim-tim futsal tingkat SMA sederajat,” paparnya.

Meskipun tim asuhannya harus kalah, ia berharap siapapun yang berhasil meraih juara dalam turnamen ini bisa mewakili Cirebon untuk sampai nanti ditingkat nasional.

“Mungkin tim kami kalah karena kurang tenang, tapi siapapun pemenangnya saya harap bisa mewakili Cirebon sampai ke tingkat nasional nanti,” ungkapnya.

Territory Sales Manager AXIS Cirebon Raya, Andriawan (Foto: Devteo Mahardika/detikcom)

Di tempat yang sama, Territory Sales Manager AXIS Cirebon Raya, Adriawan mengungkapkan AXIS Nation Cup 2024 mendapat antusias yang meriah dari masing-masing tim yang bertanding dalam turnamen ini.

“Suporternya juga sangat luar biasa yang menandakan tim-tim dalam turnamen ini antusias,” paparnya.

Untuk hadiah yang disiapkan dalam ajang turnamen ini, AXIS Nation Cup 2024 menyiapkan uang pembinaan sebesar Rp6.000.000 untuk juara satu dan juara dua mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp4.000.000.

“Untuk perhelatan tahun ini, SMAN 8 Kota Cirebon berhasil menjadi juara setelah mengalahkan SMAN 1 Sumber pada pertandingan final yang digelar hari ini,” pungkasnya.

Sekadar diketahui jika SMAN 8 Kota Cirebon kali kedua menjadi juara dalam ajang turnamen AXIS Nation Cup 2024 setelah pada tahun perdana perhelatan turnamen serupa pada tahun 2023 yang lalu.

#AxisNationCup2024 #FutsalAxisNationCup

(akd/ega)

Membagikan
Exit mobile version