Rabu, Oktober 2


Jakarta

Semangka terkenal sebagai buah kaya air dan vitamin A. Konsumsinya punya banyak manfaat sehat, bahkan dianjurkan usai melalui penerbangan panjang. Kenapa ya?

Semangka adalah buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Harganya relatif terjangkau dengan rasa manis dan tekstur renyah berair yang membuat semangka kian digemari.

Tak hanya enak, semangka juga kaya kandungan vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan asam folat, serta mineral seperti kalium dan magnesium.


Selain itu, semangka juga mengandung fitokimia seperti likopen dan citrulline yang memiliki fungsi antioksidan dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Bagi yang hobi traveling dan sering melakukan penerbangan panjang (long flight), ternyata ada manfaat lain dari semangka. Konsumsi buah ini disebut bagus untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

Konsumsi semangka disarankan usai melakukan penerbangan panjang. Foto: Getty Images/Liudmila Chernetska

Mengutip Mashed (21/9/2024), pakar merekomendasikan makan semangka untuk membuat tubuh kembali terhidrasi. Sebab sering kali saat penerbangan panjang, seseorang dehidrasi.

Mereka kurang minum hingga memunculkan efek samping dari dehidrasi, seperti sakit kepala, kram, kaki bengkak, sembelit, atau pusing karena tekanan darah rendah.

Makan semangka pun bisa jadi solusi alami dan efektif untuk kondisi tersebut. Tak hanya itu, semangka juga kaya vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan citrulline dalam semangka tak boleh diabaikan. Senyawa ini dikenal dapat meredakan nyeri otot, gejala yang kerap dialami para pelancong saat traveling atau usai melalui penerbangan panjang.

Likopen pada semangka pun bermanfaat secara umum untuk kesehatan. Senyawa yang membuat semangka berwarna merah ini dikaitkan dengan jantung yang lebih sehat dan risiko kanker yang berkurang.

Konsumsi semangka juga bagus untuk kesehatan secara umum. Foto: Getty Images/Liudmila Chernetska

Yang lebih penting lagi, semangka membuat likopen lebih mudah tersedia bagi tubuh dibandingkan sumber lain seperti tomat karena tidak perlu dimasak terlebih dahulu.

Untuk menikmati semangka, ternyata menurut Transportation Security Administration (TSA) di Amerika Serikat, semangka potong bisa dibawa ke dalam pesawat. Jika pun tidak bisa, menjaga kondisi tubuh terhidrasi bisa dilakukan dengan minum banyak air.

Cara lain dengan mengonsumsi buah dan sayuran lain yang tinggi air. Jenisnya termasuk mentimun, selada, seledri, tomat, dan banyak lainnya.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version