Selasa, Oktober 1


Bandung

Nyanyian, yel-yel, hingga tabuhan drum band terdengar menggema di GOR Citra Arena selama turnamen futsal AXIS Nation 2024 yang digelar di Kota Bandung sejak tanggal 27-29 September. Kejuaraan futsal bergengsi ini diikuti oleh 40 tim futsal yang berasal dari wilayah Bandung Raya.

Setiap tim beradu strategi demi memperebutkan juara. Bukan hanya sebagai ajang promosi, AXIS Nation 2024 ini digelar untuk memunculkan bibit-bibit atlet yang kelak dapat mengharumkan Indonesia di kancah turnamen futsal nasional hingga internasional.

Dari hari pertama hingga hari ketiga, ratusan pendukung dari masing-masing sekolah all out memberikan dukungan terhadap tim futsal kesayanganya. Seperti halnya yang dilakukan pendukung SMK Pusdikhubad Cimahi.


“Kami datang sekitar 100 orang, pastinya kita terus beri semangat buat pemain,” kata Sidik Ahmad Mubarok dari SMK Pusdikhubad Cimahi.

Dari sekian banyak pertandingan yang mempertemukan 40 tim, ada dua tim masuk final yakni SMAN 18 Bandung dan SMA Bina Muda Cicalengka. Pertandingan final itu berlangsung seru, pertandingan itu dimenangkan SMAN 18 Bandung dengan skor 2-1.

Meskipun kalah, Pelatih SMA Bina Muda Anggi Hariyadi tidak menyangka jika timnya bisa masuk final dan menjadi juara dua. Menurutnya tim futsal yang dipimpinnya sempat diragukan dalam turnamen ini.

“Kita persiapan sejak lama dan ada event sebelumnya, event ini ditunggu-tunggu karena ada kelanjutan event selanjutnya, beda dengan event sebelumnya setelah juara ya juara saja. Kalau di Axis ini ada nasionalnya. Kami persiapan pemain dan kekompakan tim, alhamdullilah kita dapat hasil maksimal masuk final,” ujar Anggi.

Kapten SMAN 18 Bandung, sekaligus best player dalam turnamen ini, M Toyib mengaku bersyukur jika timnya bisa keluar menjadi juara. Dia tak menyangka pengorbanan bersama 9 pemain lain beserta pelatih dan ofisial bisa membuahkan hasil maksimal dan keluar jadi juara.

“Alhamdullilah kita juara walau diberi kesulitan di match sebelumnya. Latihan setiap minggu tiga kali, kita berdoa bersama-sama, menang bareng, kalah juga bareng, intinya bersama-sama ya,” tuturnya.

Dalam turnamen ini, SMAN 18 Bandung juga borong piala, dari mulai best kepper, best coach, best player, top scorer hingga piala utama juara 1 turnamen ini.

Sementara itu, Head Channel Manajemen Region Central XL Axiata Andi Fitri Wardhani mengaspresiasi 40 tim yang berlaga di AXIS Nation 2024. Menurut Andi, di Jabar sendiri turnamen serupa digelar di 9 kota di Jabar dan secara nasional digelar di 40 kota.

“Selain sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung dipilih karena di sini banyak tim futsal yang sangat antusias, kami ingin Bandung bisa maju dan menang di Indonesia Arena. Ada 40 tim yang bertanding, juara 1 dapat Rp 6 juta dan juara 2 dapat Rp 4 juta. Tim yang juara di Bandung bakal bertanding lagi di tingkat nasional,” ungkap Andi.

Andi kembali acungkan jempol setinggi-tingginya untuk pertandingan yang digelar di Kota Bandung dan antusiasme para pendukung yang memberikan dukungan penuh kepada tim kesayangannya.

“Bagus sekali tak kalah seru dengan pertandingan yang di Sumatera, Sulawesi, Jawa Tengah dan lainnya. Semua tunjukkan antusiasme besar dari calon atlet masa depan Indonesia. Harapannya Axis sebagai brand anak muda bisa bawa talenta muda khususnya di olahraga futsal supaya bisa jadi juara bareng dengan Axis,” pungkas Andi.

(akn/ega)

Membagikan
Exit mobile version