Selasa, Oktober 1

Jakarta

Murah meriah dan mengenyangkan, bubur jadi menu sarapan populer yang digemari di Asia, terutama di Indonesia. Ada banyak manfaat kesehatan dari sarapan bubur.

Jika orang bule lebih suka sarapan dengan oatmeal, beda halnya dengan orang-orang di Indonesia. Sejak dulu kita lebih familiar dengan bubur, entah bubur ayam gerobakan sampai bubur oriental yang menggunakan udang atau ikan.

Terlepas dari jenis bubur yang dimakan. Ternyata sarapan bubur sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tentunya jika bubur ini disantap dalam batas wajar, dan dengan topping atau bumbu yang tidak berlebihan.


Dilansir dari berbagai sumber (21/06), berikut lima manfaat kesehatan saat makan bubur di pagi hari.

1. Jadi Obat Diare dan Anti Dehidrasi

Selain Enak, Ini 5 Manfaat Sehat Sarapan Bubur di Pagi Hari Foto: Ilustrasi Getty Images/karinsasaki

Ketika cuaca panas, makan bubur bisa jadi salah satu cara untuk meredakan suhu tubuh. Meski kedengarannya tidak nyambung, tapi bubur mengandung banyak air yang bisa menghidrasi tubuh. Apalagi dengan nutrisi tambahan dari sayur, kacang hingga topping daging yang digunakan.

Begitu juga dengan penyakit diare. Bubur selalu jadi makanan yang pas bagi mereka yang tengah mengalami diare. Sejak dulu bubur ini sudah menjadi obat rumahan untuk mengobati diare pada orang dewasa hingga bayi.

Hal ini dibuktikan dalam beberapa penelitian terdahulu yang menjelaskan bahwa paduan air dan beras dalam bubur, terbukti bermanfaat untuk mengontrol diare pada anak-anak.

2. Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Selain Enak, Ini 5 Manfaat Sehat Sarapan Bubur di Pagi Hari Foto: Ilustrasi Getty Images/karinsasaki

Ternyata ada alasan mengapa orang sakit selalu diberi bubur. Menurut tokoh Zhang Zhongjing, dari Dinasti Han. Ia mengatakan bahwa bubur dapat membuat obat berkerja lebih baik. Menyantap bubur setelah meminum obat, terutama obat herbal dapat meningkatkan efeknya.

Salah satunya seperti masalah sulit tidur. Kebanyakan orang-orang di China menyantap bubur secara rutin setiap paginya. Karena itu akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Hal ini sudah dibuktikan oleh seorang penulis bernama Su Shi, dari Dinasti Song (1279), yang menjelaskan khasiat bubur dalam membuat tidur lebih nyenyak.

3. Cocok Untuk Menu Diet Sehat

Selain Enak, Ini 5 Manfaat Sehat Sarapan Bubur di Pagi Hari Foto: Ilustrasi Getty Images/karinsasaki

Jika sedang berdiet, bubur cocok dan sempurna untuk sarapan yang mengenyangkan. Bubur dapat menurunkan berat badan, asal bubur disantap tanpa kacang, kerupuk, hingga kecap. Satu mangkuk bubur polos berkisar sekitar 150 kalori, jauh lebih rendah dari makanan lain. Agar nutrisinya pas, bisa tambahkan suiran daging ayam atau telur.

Tentunya bubur untuk diet harus menggunakan penyajian yang sedikit berbeda. Jika biasanya bubur ayam disajikan dengan topping kacang kedelai goreng, cakwe, kerupuk, emping, kecap hingga aneka sate yang melimpah. Kalau sedang diet, cukup sarapan dengan seporsi bubur ayam tanpa topping.

Pisah kuah ayam kuning, untuk menghemat kalori. Dalam satu porsi bubur tanpa topping kisarannya sekitar 200 kkal. Sementara untuk suwiran daging ayamnya sekitar 50-60 kkal per porsi.

Tuangkan kuah kuning secukupnya. Hindari menyantap bubur ayam dengan tambahan kerupuk, cakwe, dan sate yang bisa membuat kalori bubur ayam meningkat drastis.

Membagikan
Exit mobile version