Minggu, Oktober 6

Jakarta

Ada satu sekte yang paling viral di Thailand, sekte ini terekspos pada tahun 2022. Ketuanya adalah Thawee Nanra yang meminta pengikutnya memakan kotoran tubuhnya seperti tinja, dahak, hingga ketombe miliknya.

Thawee Nanra berusia 75 tahun ketika diamankan oleh pihak kepolisian. Saat ditangkap di Tambon Dong Klang dari distrik Khon San di Chaiyaphum, Thawee dikelilingi oleh sekitar 30 pengikutnya yang sudah paruh baya. Yang mengherankan, para pengikutnya tanpa rasa segan meminum urine hingga memakan kulit mati Thawee di hadapan petugas.

Ketika itu, COVID-19 sedang melanda dunia. Akan tetapi, tidak ada satu orang pun di sana yang menjalankan protokol kesehatan. Malahan, pengikutnya percaya, memakan kotoran tubuh Thawee bisa menjauhkan mereka dari penyakit. Karena itu, Thawee ditangkap dengan alasan melanggar aturan kesehatan publik, plus pembabatan lahan hutan.


Melansir Independent, Thawee Nanra menyebut dirinya sebagai ‘bapak seluruh agama’. Dia juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Yang mencengangkan, ketika penggerebekan dilakukan kepolisian, pihak berwenang juga menemukan 11 jasad di lokasi. Meski tidak diketahui penyebab kematian orang-orang tersebut, pengikut Thawee bersaksi mereka jatuh sakit setelah mengikuti pengobatan sang ketua. Autopsi kemudian dilakukan untuk mencari jawaban jelasnya.

Gubernur provinsi tersebut, Kraisorn Kongchalard, membenarkan penangkapan tersebut dan mengatakan peti mati berisi jenazah ditemukan di sekitar rumah.

“Cukup meresahkan melihat ada orang yang percaya pada takhayul seperti itu, tapi ini bukan hanya soal kepercayaan pribadi lagi. Kami punya banyak mayat, dan kami harus bekerja sama dengan semua lembaga untuk mengungkap fakta seputar orang-orang ini,” katanya.

Saat ditangkap, Thawee melakukan pembelaan dengan mengatakan kepada polisi bahwa dia tidak memaksa siapa pun untuk tinggal di sana atau melakukan apa pun yang tidak mereka inginkan. Ketika dia dibawa pergi dari rumahnya dengan mengendarai mobil polisi, para pengikutnya dilaporkan mengejar mobil tersebut ke jalan.

(ask/ask)

Membagikan
Exit mobile version