Minggu, Oktober 6


Jakarta

BMW punya andalan baru di kelas medium sedan full elektrik. Mobil tersebut bernama i5 dan sudah dites oleh tim detikcom untuk perjalanan panjang dari Jakarta ke Semarang.

Menariknya dengan spesifikasi yang digdaya, BMW i5 ini bisa dibawa dari Jakarta ke Semarang dengan sekali pengecasan penuh. Bagaimana cerita perjalanannya dan berapa total biaya yang dihabiskan?

BMW i5 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Perjalanan kami mulai dari SPKLU yang berlokasi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Di sini, BMW i5 yang kami bawa dicas sampai penuh 100 persen. Pengecasannya dilakukan dengan charger DC Ultra Fast berdaya 200 kW.


Setelah baterai terisi penuh, kami mulai merapah ke arah timur Jawa. Oh iya, perjalanan ini kami tempuh dengan mayoritas rute bebas hambatan atau via jalan tol.

Perlu diketahui bahwa BMW i5 yang kami bawa ini merupakan varian eDrive40 M Sport. Mobil ini hadir dengan baterai berkapasitas 81,2 kWh. Diklaim dengan kondisi terisi penuh, i5 bisa menempuh jarak hingga 582 km.

Dengan klaim tersebut, tentu perjalanan Jakarta-Semarang dapat ditempuh dengan mudah bahkan seharusnya baterai masih tersisa saat tiba di Semarang.

Selama perjalanan, mayoritas kami menggunakan mode Personal atau normal. Kami sengaja memilih mode regenerative braking paling rendah untuk membuat rasa menyetir yang lebih natural tanpa ada bantuan engine brake berlebihan.

Namun kami sesekali masuk ke mode Sport dan mencolek tuas Boost di bagian kiri setirnya. Dengan fitur ini, mobil yang kami mendapat dorongan tenaga tambahan dalam beberapa detik. Cocok untuk menyalip kendaraan lain.

BMW i5 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikcom

Nah! Setelah jalan sejauh 385 km, baterai tersisa 19 persen. Padahal kami masih harus berjalan sejauh 47 km dari lokasi pengecasan di Semarang. Kondisi ini sempat membuat gusar tim yang mengetes dan memilih mode Efficient untuk membuat mobil lebih hemat energi.

Akhirnya, setelah menempuh jarak 431,3 km kami sampai di SPKLU PLN UP3 Semarang yang berlokasi di Jalan Pemuda. Total durasi perjalanan yang kami lalui sekitar 4 jam 50 menitan dan kecepatan rata-rata yang kami tempuh adalah 87 km/jam.

Sampai di SPKLU PLN UP3 Semarang ini, baterai yang tadinya terisi penuh di Jakarta tersisa 11% dan jarak tempuhnya masih ada 60 km.

Lantas, setelah baterai kami isi ulang hingga penuh, ternyata butuh listrik sebanyak 75,885 kWh atau setara Rp 205.539. Artinya biaya segini yang dibutuhkan untuk mengecas mobil listrik BMW i5 di perjalanan Jakarta ke Semarang.

(mhg/rgr)

Membagikan
Exit mobile version