Minggu, Juli 7


Jakarta

Terletak di ujung Jakarta Selatan, kawasan Tebet sejak lama jadi tempat kulineran enak. Ada makanan tradisional dan modern dengan berbagai harga.

Sering disebut sebagai ujungnya Jakarta Selatan, kawasan Tebet memang berbatasan dengan Jakarta Timur. Kawasan Tebet meliputin beberapa kelurahan seperti Tebet Barat, Tebet Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Manggari sampai Manggarai Selatan.

Walau sekarang masuk ke dalam area padat penduduk, dulunya Tebet justru merupakan rawa-rawa atau semak belukar yang belum terjamah. Kata ‘Tebet’ diambil dari kata Tebat sebutan orang Melayu yang saat itu banyak berada di sana.


Dari sana kata tebat yang artinya lebat kemudian disebut ‘Tebet’ oleh orang-orang Betawi yang pindah dari area Senayan. Puluhan tahun berselang, Tebet berubah total dari semak belukar menjadi salah satu kawasan ramai dan modern di Jakarta Selatan.

Pasar Tebet Timur Sudah 60 Tahun Jadi Tempat Belanja Andalan Warga Tebet Foto: detikFood

Berkembangnya kawasan ini tak lepas dari banyaknya tempat makan, kafe, sampai restoran yang datang silih berganti di Tebet. Tak heran Tebet dari awal 2000-an sampai sekarang sudah terkenal sebagai tempat cari makan yang strategis di Jakarta Selatan.

Makanan apapun bisa ditemukan dengan mudah di Tebet. Misalnya di barisan kuliner legendaris, tak terhitung banyaknya tempat makan di Tebet yang sudah buka sejak tahun 70-an saat daerah ini mulai dibangun.

Mulai dari Soto Betawi H. Husein yang legendaris dari tahun 1988. Kemudian ada Sop Kaki Kambing Estu Rame yang jadi ikon kuliner legendaris di Tebet karena sudah terkenal dari tahun 1984.

Begitu juga dengan jajanan dan makanan tradisionalnya seperti aneka bakmi dan mie ayam legendaris di Tebet yang muncul dari tahun 1970an. Salah satunya ada Mie Ayam Bakso Yunus dari tahun 1984 dan terkenal sebagai tempat makan mie ayam favorit para selebriti.

mie ayam yunusmie ayam yunus Foto: dok. detikFood

Lalu ada Bakso Nikki, warung bakso sederhana dari tahun 1985 yang punya menu bakso urat dan bakso tetelan yang rasanya tak pernah berubah sejak dulu.

Julukan Tebet sebagai tempat kulineran semakin diminati orang-orang dengan kehadiran makanan viral yang banyak diulas di media sosial. Misalnya ada Warpopski terkenal dengan sebutan warung makan ‘skena’, lalu ada Bakmi Momiega yang sedang viral-viralnya di Tebet. Sampai tempat makan pasta murah di Sky Pasta, atau ngopi di kopitiam kekinian di Laoban.

Di Pasar Tebet Barat Ada Mie Ayam Legendaris hingga Kantin Jajanan Padang Foto: DHKH

Harga makanan boleh dibilang kuliner Tebet cukup terjangkau. Restoran dan tempat makan di sini jauh lebih ramah di kantong. Dibandingkan dengan tempat makan di area Jakarta Selatan lainnya seperti di Senopati, Blok M hingga Fatmawati.

Dalam minggu ini detikFood akan mengulas tuntas seputar kuliner dan tempat makan enak di Tebet. Akan ada banyak referensi tempat makan sampai spot kulineran ‘hidden gem’ di sekitar Tebet yang menarik untuk dikunjungi. Jadi pantau terus artikel selanjutnya di detikFood!

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version