Minggu, September 29


Jakarta

PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan Toyota Yaris Cross di Indonesia pada 2023 silam. Mobil SUV crossover itu juga tersedia dalam varian hybrid-nya.

Dilansir situs resminya, Yaris Cross HEV dibanderol mulai Rp 440,6 juta pada 2024 untuk OTR Jakarta, Bekasi, dan Banten. Ini menjadikannya yang paling murah di kalangan mobil hybrid Toyota yang dijual di Tanah Air.

Dengan menyandang label itu, tak sedikit yang penasaran dengan nominal pajak tahunannya. Lantas, kira-kira berapa ya besaran pajak tahunan Yaris Cross hybrid?


Kisaran Pajak Tahunan Toyota Yaris Cross Hybrid

Harga lepas Toyota Yaris Cross hybrid di nominal tersebut tergolong yang paling murah di antara mobil hybrid Toyota. Meski begitu, pemilik mobil juga bakal dibebani pajak kendaraan bermotor (PKB) setiap tahunnya.

Oleh karena itu, sebagian orang turut mempertimbangkan besaran pajak tahunan saat akan membeli mobil. Adapun nominal pajak Yaris Cross HEV tergolong standar untuk kelas mobil Rp 400 jutaan.

Berdasarkan catatan detikcom, besar pajak 5 tahunan Toyota Yaris Cross hybrid sekitar Rp 7,3 jutaan. Dengan rincian:

  • PKB: Rp 6,909 juta
  • SWDKLLJ: Rp 143 ribu
  • Biaya Administrasi STNK: Rp 200 ribu
  • Biaya Administrasi TNKB: Rp 100 ribu
  • Total pajak: Rp 7,352 juta

Sementara pajak tahunan hanya dihitung dari PKB dan SWDKLLJ. Maka nominal pajak tahunan Yaris Cross HEV kisaran Rp 7,052 juta.

Sekilas tentang Toyota Yaris Cross Hybrid

Toyota Yaris Cross berteknologi hybrid menggunakan mesin berkode 2NR-VEX yang dapat menghasilkan tenaga 67 kW dan torsi 121 Nm dengan tambahan baterai lithium ion di mana motor listriknya berdaya 59 kW dan torsi 141 Nm. Mesinnya dipasangkan dengan transmisi CVT.

Dengan dilengkapi EV Mode, pengguna dapat merasakan sensasi berkendara mobil listrik murni yang senyap, responsif, dan zero emission.

Untuk fiturnya, SUV crossover ini dibekali Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), hingga Blind Spot Monitor (BSM).

Nah, itu tadi kisaran besar pajak tahunan Yaris Cross hybrid dari Toyota.

(azn/inf)

Membagikan
Exit mobile version