Senin, Oktober 28


Jakarta

Jika detikers bekerja atau kuliah di luar kota, mungkin sebaiknya juga membawa serta sepeda motor kamu. Tapi jika jaraknya terlalu jauh, kalian mungkin tidak bisa mengendarainya sendiri.

Detikers bisa memanfaatkan jasa bus yang bisa mengangkut motor. Jadi, kamu bisa naik di kursi penumpang dan sepeda motormu dimasukkan ke dalam bagasi bus yang sama.

Simak artikel ini untuk mengetahui bus apa saja yang bisa mengangkut motor dan harga tiket bus bawa motor 2024.


Harga Tiket Bus Bawa Motor

Harga tiket bus bawa motor bisa berbeda-beda tergantung jenis PO bus, rute, dan jenis motor. Harga tiket terdiri dari biaya angkut motor dalam bagasi ditambah biaya asuransi dan tiket penumpang jika detikers ikut naik bus.

Sebagai gambaran, berikut ini harga tiket bus bawa motor. Harga ini belum termasuk tiket bus untuk penumpang.

Harga Tiket Bus Bawa Motor Rosalia Indah

Berdasarkan situs Rosalia Express, mengangkut motor rute Solo-Jakarta dikenai biaya Rp 510 ribu hingga Rp 580 ribu. Sedangkan rute Surabaya-Jakarta dikenai Rp 550 ribu hingga Rp 650 ribu.

Harga Tiket Bus Bawa Motor Harapan Jaya

Sementara di situs Harapan Jaya Express, mengangkut motor rute Malang-Jakarta maupun Solo-Jakarta dikenai biaya Rp 465 ribu hingga Rp 580 ribu.

Syarat Bus Bawa Motor 2024

Jika ingin mengangkut sepeda motor, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat ini bisa berbeda-beda antara PO bus satu dengan lainnya. Namun beberapa syarat yang umum ada ada di tiap bus antara lain:

  • Harus menyertakan STNK asli
  • Pajak/pelat nomor aktif
  • Bersedia melakukan pengosongan tangki BBM
  • Membayar biaya asuransi.

7 PO Bus yang Bisa Bawa Motor

Berikut 7 perusahaan otobus (PO) bus yang bisa bawa motor bersama penumpangnya, berdasarkan catatan detikOto dan beberapa sumber lain.

1. Juragan 99

PO Juragan99 Trans memiliki sejumlah bus dengan bagasi luas. Bagasi luas ini dapat dimanfaatkan untuk menampung sepeda motor. Rute yang dilayani antara lain Malang-Jakarta.

Yang terbaru, PO Juragan99 Trans merilis armada bus double decker dengan kursi penumpang full sleeper seat. Salah satu unggulannya adalah bagasi yang luas, sehingga bisa untuk menampung sepeda motor.

Bus ini memadukan sasis Volvo B11R terbaru dengan karoseri baru gabungan SDD DC (Super Double Decker Dream Coach) rancangan Adiputro.

2. Rosalia Indah

PO Rosalia Indah yang bermarkas di Karanganyar juga bisa mengangkut sepeda motor. Awal tahun 2024, mereka meluncurkan belasan armada XHD dari karoseri Laksana dengan kelas Executive Plus.

Bagasi bus yang menggunakan sasis premium dari Scania ini cukup besar dan mampu untuk menampung 3 motor. Kalian bisa mengecek tarifnya di situs Rosalia Express.

Adapun rute Rosalia Indah antara lain Surabaya-Blitar-Ponorogo-Madiun-Solo-Semarang-Jakarta-Merak, hingga beberapa daerah di Sumatera, seperti Lampung dan Palembang.

3. Harapan Jaya

Bus yang bisa mengangkut motor lainnya adalah PO Harapan Jaya. Detikers bisa naik bus eksekutif bersama motor di bagasi. Rutenya antara lain Malang-Magelang-Bandung-Jabodetabek-Lampung-Palembang. Ada juga rute Solo-Jakarta.

Beberapa bus baru Harapan Jaya dirakit dari Karoseri Adiputro dengan menggunakan bodi Jetbus 5 SHD dan sasis Hino RM 280. Bagasinya sangat luas, bahkan tembus antara sisi kanan dan kiri. Tarif mengangkut motor dapat dicek di situs Harapan Jaya Express.

4. Sumber Alam

PO Sumber Alam dikenal memiliki armada bus yang melayani jasa angkut sepeda motor. Bus ini melayani sejumlah rute yang mencakup area Yogyakarta-Jakarta dan Yogyakarta-Bogor. Bagasi bus ini bisa mengangkut hingga 4 sepeda motor.

5. Garuda Mas

PO Garuda Mas juga bisa menjadi pilihan kamu untuk mengangkut sepeda motor. Bus ini melayani sejumlah rute berbagai wilayah Pulau Jawa, seperti Purwodadi, Blora, Solo, Bojonegoro, hingga Jakarta.

Beberapa busnya bertipe SHD (Super High Decker) yang dipadu sasis Mercedes-Benz. Ruang bagasinya sangat luas dan memiliki empat pintu. Tak hanya luas, bagasinya cukup tinggi, sehingga muat untuk motor.

6. Haryanto

Pilihan selanjutnya adalah PO Haryanto dengan rute Jakarta-Surabaya-Madura, atau Jabodetabek-Kudus-Pati-Jepara-Rembang-Blora-Solo-Madiun-Ponorogo.

PO Haryanto memiliki sejumlah bus, antara lain menggunakan Rexus SL dengan High Deck Double (HDD) dan sasis Mercedes Benz OF 1623 RF. Bagasinya besar dan dapat digunakan untuk motor di bagian belakangnya.

7. ANS

Pilihan terakhir untuk bus bawa motor 2024 adalah PO ANS yang memiliki rute Jawa bagian barat hingga berbagai daerah di Sumatera. Beberapa bus ANS menawarkan bagasi luas yang bisa memuat sepeda motor.

Demikian informasi mengenai bermacam-macam bus yang bisa mengangkut motor dan harga tiket bus bawa motor 2024. Semoga informasi ini bisa membantu detikers yang ingin bawa motor saat naik bis umum.

(bai/row)

Membagikan
Exit mobile version