Selasa, Maret 18


Jakarta

Merawat sepeda motor merupakan hal yang sangat penting, apalagi motor yang kamu miliki sudah mengusung injeksi. Namun, masih ada sejumlah pengendara yang cuek terhadap motor kesayangannya. Jadi hanya sekadar dipakai, tapi jarang diservis.

Padahal, kalau motor jarang diservis bisa membuat sejumlah komponen di dalamnya jadi cepat rusak. Alhasil, detikers harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk memperbaikinya.

Lagi pula, biaya servis motor injeksi terbilang cukup terjangkau, lho. Bahkan, servis motor injeksi tak hanya dilakukan di bengkel resmi saja, namun di bengkel umum pun sudah bisa.


Lalu, berapa biaya yang dikeluarkan untuk servis motor injeksi? Simak penjelasannya berikut ini.

Biaya Servis Motor Matic Injeksi

Ricky selaku pemilik bengkel Delta Jaya Motor di Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan biaya servis motor matic injeksi di bengkel miliknya cukup bervariatif, tergantung dari jenis dan kapasitas mesinnya. Meski begitu, biaya yang dikeluarkan tak lebih dari Rp 100.000.

“Kalau motor-motor gede kayak Vario 160, Nmax, Aerox, dan PCX itu kena biaya Rp 40 ribu untuk servis injektor, lalu untuk servis CVT Rp 40 ribu. Jadi kalau servis keduanya Rp 80 ribu,” kata Ricky saat ditemui langsung di bengkelnya, Rabu (15/05/2024).

Lain halnya dengan motor matic injeksi yang kapasitas mesinnya antara 110 sampai 125 cc, seperti Honda Scoopy, Honda BeAT, atau Yamaha Fazzio, biaya servisnya sedikit lebih murah.

“Kalau macam Honda Scoopy, BeAT, gitu-gitu biaya servisnya Rp 35 ribu untuk CVT, sedangkan untuk injeksinya Rp 35 ribu. Jadi kalau ditotal Rp 70 ribu,” jelasnya.

Meski begitu, Ricky menekankan bahwa harga servis di bengkel miliknya mungkin bisa berbeda dengan bengkel umum lainnya. Kecuali servis di bengkel resmi seperti Honda dan Yamaha, tentu harganya sudah ditetapkan secara serentak.

Oh ya, harga di atas hanya termasuk jasa membersihkan CVT dan bagian injeksi mesin. Apabila ditemukan komponen yang rusak, maka akan dikenakan biaya tambahan.

Sedangkan untuk servis motor karburator di bengkel Delta Jaya Motor memiliki harga yang lebih murah daripada motor injeksi. “Kalau motor karburator kayak Yamaha Mio gitu biaya servisnya cuman Rp 30 ribu,” ujar Ricky.

Tips Merawat Motor Matic Injeksi

Sebenarnya, merawat motor matic injeksi terbilang cukup mudah. Namun, hal tersebut yang membuat banyak pengendara jadi malas untuk merawatnya, sehingga acapkali menunggu sampai motor benar-benar rusak dan tidak nyaman dikendarai.

Mengutip laman Wahana Honda, ada beberapa cara mudah dalam merawat motor matic injeksi. Berikut penjelasannya:

  1. Pastikan motor selalu dipanaskan saat pagi hari walau nantinya tidak dikendarai
  2. Selalu cek kondisi aki dan busi secara rutin
  3. Jangan biarkan bensin sampai benar-benar habis. Usahakan selalu isi bensin minimal sudah tersisa 2 bar
  4. Ganti oli mesin dan oli gardan secara berkala
  5. Selalu cek v-belt dan roller
  6. Servis CVT motor secara rutin, maksimal setiap 2 bulan sekali

Itu dia biaya yang dibutuhkan untuk servis motor matic injeksi. Jadi, jangan malas untuk servis motor di bengkel, ya!

Simak Video “Tenaga Motor Loyo dan BBM Boros? Cek 4 Hal Ini
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Membagikan
Exit mobile version