Kamis, Juli 4


Jakarta

Tak hanya teh hitam yang digunakan untuk racikan es, tapi juga teh hijau. Beberapa tips ini penting dilakukan agar racikannya terasa segar nikmat.

Teh hijau termasuk jenis teh yang baik untuk sajian es teh. Tak hanya daun tehnya saja yang perlu dipilih, tapi perhatikan juga cara meraciknya.

Persiapan yang penting dilakukan adalah menyeduhnya dengan air panas. Langkah ini terlihat sepele, tapi penting karena berkaitan dengan cita rasanya.


Dilansir dari Tasting Table (25/6), cara menyeduh teh hijau yang kurang tepat akan membuat cita rasa teh menjadi tak enak dan bahkan pahit. Waktu menyeduhnya harus diperhatikan.

cara meracik es teh hijau Foto: Getty Images/iStockphoto

Teh hijau ini harus diseduh dengan cara panas. Waktu yang diperlukan juga hanya hitungan menit. Dibandingkan dengan cara cold brew yang memakan waktu berjam-jam dan menghasilkan rasa teh hijau pahit.

Perhatikan juga suhu untuk menyeduh teh hijau ini. Hindari suhu air panas yang terlalu tinggi, karena akan membuat rasanya tak enak.

Jika airnya terlalu panas, senyawa yang membuat teh hijau menjadi pahit akan terekstraksi secara berlebihan dan menghancurkan rasa lembutnya. Hasilnya adalah minuman yang terlalu kuat sehingga tidak enak untuk diminum.

Untuk menghindarinya, gunakan air bersuhu cukup tinggi untuk sekadar mengekstrak rasa teh tanpa membuat es teh hijau menjadi pahit. Suhu yang tepat berkisar antara 60-85 derajat Celcius.

Memang sebaiknya menggunakan termometer dalam mengukur suhu air panas. Namun, alternatifnya bisa menggunakan air mendidih yang telah didiamkan beberapa saat.

Dalam meracik es teh hijau juga bisa dicampurkan beberapa bahan. Kalau ingin ada sensasi manis, kamu bisa menggunakan sirup gula atau madu. Bisa juga menggunakan air lemon atau perasa buah segar lainnya.

Mengutip detikFood (5/9/2016), es teh hijau ini bisa dibuat dengan meracik 40 gram daun teh hijau ke dalam tea pot berukuran 2 liter. Kemudian, tuang air panas bersuhu 75 derajat Celcius dan diamkan selama 3 menit. Setelah itu sajikan bersama es batu yang penuh di dalam gelas.

Baca Juga: Mau Bikin Es Teh Hijau yang Segar dan Harum? Ikuti Tips Ahli Teh Ini

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version