Minggu, Juni 30

Jakarta

Pakcoy merupakan sayuran yang mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan serat, serta memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk berpotensi membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kekuatan tulang.

Dikutip dari Healthline, pakcoy merupakan salah satu jenis kubis putih Cina yang termasuk dalam kategori sayuran silangan atau dari genus tanaman Brasscia bersama dengan kangkung, kubis Brussel, dan brokoli.

Mirip dengan sayuran berdaun hijau dan sayuran silangan lainnya, pakcoy kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk beragam vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, seng, magnesium, fosfor dan zat besi.


Pakcoy juga mengandung sejumlah serat yang dapat mendukung kesehatan pencernaan dan membantu mengurangi risiko banyak penyakit kronis.

Lalu, apa saja manfaat pakcoy bagi kesehatan tubuh?

Banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan pakcoy, berkaitan dengan kandungan mikronutriennya.

1. Memiliki Sifat Antikanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine menemukan bahwa, mengkonsumsi pakcoy setidaknya sekali seminggu dikaitkan dengan risiko kanker mulut, esofagus, kolorektal, payudara, dan ginjal yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan hanya sesekali atau bahkan tidak pernah mengkonsumsi pakcoy.

Selain itu, pakcoy merupakan sumber mineral selenium, yang juga memiliki manfaat sebagai antikanker.

Dalam sebuah analisis penelitian yang diterbitkan tahun 2016, para peneliti menemukan bahwa paparan selenium yang tinggi, yang ditunjukkan oleh kadar selenium dalam darah atau kuku kaki, berhubungan dengan rendahnya risiko kanker payudara, paru-paru, kerongkongan, lambung, dan prostat.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan mineral yang dalam pakcoy termasuk kalsium, fosfor, seng, magnesium, dan vitamin K, berfungsi menjaga kesehatan tulang.

Seng dan zat besi berperan dalam sintesis kolagen dan metabolisme vitamin D. Kolagen merupakan sejenis protein yang membentuk matriks pada sendi dan sistem kerangka tubuh, membantu menjaga struktur dan kekuatan tulang.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Pakcoy mengandung mineral potasium, magnesium, dan kalsium, yang berfungsi membantu mengatur tekanan darah secara alami yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Pakcoy juga merupakan sumber folat dan vitamin B6 yang baik. Hal ini dapat mencegah penumpukan homosistein, senyawa yang dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke jika menumpuk.

4. Meningkatkan Fungsi Tiroid

Kandungan selenium dalam pakcoy bermanfaat terhadap fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar ini terletak di pangkal depan leher dan memainkan peran penting dalam metabolisme dan pertumbuhan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2015, menemukan bahwa rendahnya tingkat selenium dalam aliran darah dikaitkan dengan kondisi tiroid, seperti hipotiroidisme, tiroiditis autoimun, dan pembesaran tiroid, yang juga disebut gondok.

Pakcoy memang baik untuk kesehatan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dikutip dari Healthline, mengkonsumsi pakcoy mentah dalam jumlah yang banyak, dapat menimbulkan sejumlah masalah bagi tubuh. Pakcoy yang dimasak dan dikonsumsi dalam keadaan matang, dapat mengurangi asupan myrosinase, senyawa yang dapat mengganggu penyerapan yodium.

Pakcoy juga mengandung vitamin K yang tinggi, bagi yang mengkonsumsi obat pengencer darah, jumlah pakcoy yang dikonsumsi sebaiknya dikurangi. Atau lebih baik tanyakan pada dokter terpercaya jika khawatir tentang mengkonsumsi pakcoy yang dibarengi dengan obat pengencer darah.

(suc/suc)

Membagikan
Exit mobile version