Senin, Oktober 14


Jakarta

Yamaha Lexi LX 155 menjadi pilihan baru bagi konsumen Indonesia yang ingin membeli motor fungsional. Tak cuma cocok diajak ke perkotaan, Yamaha Lexi LX 155 dengan mesin baru itu juga pas diajak touring tipis-tipis. Nah, apa saja kenyamanan yang coba ditawarkan Yamaha Lexi LX 155 ini? Berikut ulasannya.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing coba mendobrak pasar matic 150 cc dengan standar baru. Yamaha Lexi LX 155 dibekali berbagai sentuhan baru yang menunjang kenyamanan untuk perjalanan jauh, bahkan ada beberapa fitur yang tidak ditemukan pada kompetitor.

Pertama, mesin yang bertenaga


Lexi LX 155 dilengkapi dengan mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru. Sentuhan pembaharuan tersebut dapat dilihat pada design camshaft, piston dan head serta jalur oli, sehingga menghasilkan performa lebih baik karena minim gesekan serta vibrasi. Mesin terbaru pada Lexi LX 155 menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW/8000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14,2 Nm/6500 rpm. Selain itu, mesin Lexi LX 155 juga telah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation), SOHC, 4 valve dan liquid cooled.

Figur tenaga baru ini memberikan sensasi yang lebih baik dari dari Yamaha Lexi versi terdahulunya. Untuk pemakaian commuter Jakarta, Yamaha Lexi menawarkan akselerasi yang responsif. Apalagi diajak selap-selip di tengah kemacetan, Yamaha Lexi terbilang lincah dengan sokongan tenaga yang mumpuni.

Yamaha Lexi LX 155 Foto: Ridwan Arifin

Pun demikian saat jalanan lengang. Saat mencoba bukaan gas hingga di atas 6.000 rpm, ada fitur VVA (Variable Valve Actuation) yang aktif, walhasil membuat motor ini seperti mendapatkan dorongan tambahan tenaga. Buat motor harian, rasanya Lexi LX 155 sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan.

Tenaga dari Lexi LX 155 ini juga bisa diandalkan saat masuk ke kawasan perbukitan. Terbukti saat masuk ke kawasan Bukit Cirimpak, jalannya yang sempit dan lumayan curam. Karakter mesin 155 cc ini juga tetap responsif! Motor dengan mudah bisa diajak naik ke atas hingga parkir di paling dekat dengan area camping ground.

Bisa dibilang Lexi memiliki power weight to ratio yang oke di kelas Maxi, sebab motor dengan bobot hanya 118 kg (connected ABS) ini punya tenaga 15,4 hp dan torsi 14,2 Nm. Sebagai pembanding, sebelumnya Yamaha Lexi menggunakan mesin 125 cc sampai 8,75 kW pada 8.000 rpm dengan torsi maksimal 11,3 Nm pada 7.000 rpm. Jelas ada peningkatan figur tenaga pada Yamaha Lexi ini.

Kedua, dek rata yang fungsional

Lexi masih mengusung flat footboard atau dek rata yang memudahkan pengguna mengakses ruang kaki saat berkendara. Kenyamanan posisi berkendara juga didukung ruang kaki lega dan desain jok baru yang lebih rendah dan ramping sehingga lebih nyaman dikendarai sendiri maupun berboncengan, layak jadi pilihan untuk penggunaan sehari-hari atau sekedar touring tipis-tipis.

Yamaha Lexi LX 155 Foto: Ridwan Arifin

Ketiga, fitur charging port

Untuk mendukung motor yang fungsional, Lexi juga sudah disematkan electric power socket yang bermanfaat untuk mengisi daya gadget.

Yamaha Lexi LX 155 Foto: Ridwan Arifin

Kelima, posisi berkendara yang relaks

Masuk dalam kategori Maxi, motor ini jadi yang termurah ketimbang Aerox dan Nmax. Kendati demikian, Lexi LX 155 tetap menawarkan posisi kaki yang rileks–agak sedikit selonjoran, namun memang tidak se-paripurna Nmax ataupun Xmax.

Meski begitu, berdasarkan pengalaman kami, Lexi LX 155 tetap menawarkan fungsionalitas. Dek yang sudah dimampatkan dengan tas carrier 45 liter itu masih menyisakan ruang untuk kaki, perjalanan pun tetap nyaman.

Untuk menantang kompetitornya, Lexi terdapat windshield besar yang bisa menghalau angin ke arah atas. Speedometer juga mengadopsi gaya maxi style yang tidak mengikuti arah setang.

Yamaha Lexi LX 155 Foto: Ridwan Arifin

Kenyamanan posisi berkendara juga didukung ruang kaki lega dan desain jok baru yang lebih rendah dan ramping sehingga lebih nyaman dikendarai sendiri maupun berboncengan, layak jadi pilihan untuk penggunaan sehari-hari.

Pada bagian kaki-kaki, motor ini dilengkapi dengan Sub-Tank Suspension (untuk varian S dan ABS). Kenyamanan mengendarai LEXi LX 155 semakin bertambah karena memiliki ban lebar tubeless dengan ukuran ban depan 90/90 – 14 inch, dan ban belakang 100/90 – 14 inch.

Keenam, fitur penghemat BBM

Semua tipe Lexi LX 155 juga sudah dibekali teknologi Blue Core sehingga performa mesin semakin maksimal, namun tetap irit bahan bakar, plus ditambah dengan fitur Stop & Start System yang berguna ketika berhenti di lampu merah.

Ketujuh, motor canggih yang terhubung dengan aplikasi

Mengikuti motor Yamaha Maxi Series lainnya, Yamaha Lexi kini dibekali fitur aplikasi Y-Connect. Pengguna bisa memperoleh informasi mengenai rekomendasi perawatan motor, konsumsi BBM, lokasi parkir terakhir, notifikasi malfungsi, notifikasi pesan dan telepon masuk yang tampil pada speedometer, ranking berkendara terkait jarak tempuh (mileage) dan konsumsi bensin (eco point), riding log atau histori perjalanan serta Revs Dashboard berpenampilan atraktif.

Kedelapan, tuas tersembunyi

Yamaha Lexi LX 155 juga memiliki fitur tersembunyi yang memudahkan pengendara saat dipakai berkendara, yakni tuas yang terletak di handle grip kiri.

Kendali kontrol informasi pada panel multi informasi display bisa dilakukan lewat handle sebelah kiri. Jika kita memencet tuas tersebut ada beberapa informasi yang berganti, di antaranya oli, v-belt, odometer, trip, dan aki. Jadi melalui fitur ini posisi tangan tetap berada di handle tanpa harus menyentuh layar saat hendak mengganti. Memudahkan bukan?

Simak Video “Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Yamaha Lexi LX 155
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

Membagikan
Exit mobile version