Minggu, Juli 7


Jakarta

Ngemil daging buah durian sudah biasa, tapi bagaimana jika kulit durian? Seorang pria kedapatan asyik ngemil kulit buah durian dicocol sambal!

Durian merupakan raja buah yang populer di Asia Tenggara. Orang-orang terbagi menjadi dua kubu yaitu mereka yang menggemari durian dan mereka yang amat tidak suka karena aroma dan rasanya menusuk.

Bagian yang dinikmati dari durian tentu saja daging buahnya. Teksturnya lembut creamy dengan cita rasa manis atau agak pahit, tergantung jenisnya.


Namun ternyata ada bagian lain dari durian yang bisa dinikmati. Bagian itu adalah kulit durian! Kulit yang terlihat tajam dan tak mungkin dimakan itu ternyata dapat dikonsumsi.

Mengutip Weird Kaya (1/7/2024), di Malaysia viral unggahan TikTok @gamiyatravel. Unggahan itu memperlihatkan seorang pria makan durian utuh layaknya camilan, sampai ke kulit-kulitnya!

Pria ini viral usai santai ngemil kulit durian. Foto: Weird Kaya

Pria itu santai mencocolkan kulit durian ke sambal merah sebelum melahapnya. Tak ada tanda-tanda kesakitan atau tidak nyaman saat ia menelan kulit durian.

Bahkan ada momen pria itu menggigit potongan tebal kulit durian dan mengunyahnya seperti ngemil cookies. Terdengar juga suara renyah saat pria itu mengunyah kulit durian.

Video ini pun viral karena banyak netizen tak menyangka kulit durian bisa dimakan. Saat berita ini ditulis, video tersebut sudah ditonton lebih dari 3,7 juta jali.

“Apakah pria itu di rumah sakit sekarang?,” tanya seorang netizen. “Walau harga bensin mahal, tapi kita tidak akan makan kulit durian sahut netizen lain.

Santuy! Pria Ini Ngemil Kulit Durian Dicocol SambalPria ini ngemil kulit durian dicocol sambal. Foto: Weird Kaya

Lantas apakah kulit durian bisa dimakan? Ternyata jawabannya bisa. Hanya saja selama ini kulit durian diproses lebih lanjut sebagai tepung, misalnya. Tepung kulit durian kemudian diolah menjadi bahan hidangan lain.

Lalu ada juga TikToker bernama Jimmy dan Michelle yang pernah memanfaatkan kulit durian. Mereka menggunakan bagian dalam kulit durian sebagai campuran tepung pembuatan serabi petulo.

Bagian putih kulit durian dipisahkan dari bagian yang berduri. Kemudian kulit itu dihaluskan dalam blender dengan tambahan tepung beras, santan, air, garam, gula sampai berubah seperti jus.

Sementara praktik makan kulit durian utuh jarang dilakukan karena tergolong ekstrem. Namun beberapa konten kreator menunjukkan kalau kulit durian bisa dimakan.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version