Rabu, Oktober 23


Semarang

Calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ahmad Luthfi menyampaikan harapannya di Hari Santri Nasional 2024. Dia berharap santri dapat menjadi pilar pembangunan bangsa yang dapat meneruskan perjuangan para pendahulu.

Hal ini sejalan dengan tema Hari Santri 2024 yakni ‘Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan’. Tema ini mengajak para santri untuk melanjutkan semangat perjuangan yang diwariskan dengan meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks.

“Santri adalah pilar masa depan bangsa. Menyambung juang pembangunan akhlak,” ujar Ahmad Luthfi melalui video pendek yang diterima detikcom, Selasa (22/10/2024).


Dalam video berdurasi 23 detik itu, Ahmad Luthfi ditemani Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. Taj Yasin mengajak para santri untuk meraih masa depan bersama.

“Selamat Hari Santri, kita rangkuh masa depan bersama,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Hari Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober di seluruh Indonesia. Peringatan ini tidak hanya menyoroti peran penting santri dan pondok pesantren dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga menjadi momen untuk mengenang sejarah perjuangan umat Islam di Indonesia.

Pasalnya, pada 22 Oktober 1945, KH Hasyim Asy’ari menyerukan fatwa yang kemudian dikenal sebagai ‘Resolusi Jihad’. Fatwa ini menjadi pemicu berbagai gerakan umat Islam, termasuk para santri, dalam melawan penjajahan.

(prf/ega)

Membagikan
Exit mobile version