Minggu, Oktober 20


Bandung

Di Bandung ada kafe yang cocok disambangi Potterheads. Nuansanya magis dengan suguhan menu ramah di kantong. Tak heran jadi favorit mahasiswa!

Pencinta Harry Potter atau kerap disebut Potterheads bisa nongkrong seru sambil kulineran enak di Ekara Coffee yang berlokasi di Jalan Bukit Jarian No. 17, Ciumbuleuit, Bandung.

Awalnya Ekara Coffee yang berdiri tahun 2020 ini mengusung konsep British klasik, tapi kini terkenal dengan ornamen khas dunia magis Harry Potter yang ikonik.


Menariknya, konsep Harry Potter ini sebenarnya bukan ide awal dari pemilik. “Sebenarnya konsep awal kita lebih ke UK, gaya British klasik gitu,” ungkap Glenn Reysan, Manager Ekara, dalam wawancara pada Selasa (15/10/2024). “Tapi, ada customer yang sugest buat nambah ornamen-ornamen Harry Potter,” tambahnya.

Selain konsep yang menarik, nama Ekara juga menyimpan cerita tersendiri. Glenn menjelaskan bahwa nama tersebut berasal dari bahasa Maori yang berarti “rajawali.”

Nama kafe ‘Ekara’ juga menyimpan cerita tersendiri. Foto: Ghina Aliyah Fatin Desira

Nama ini dipilih karena bisnis kafe ini merupakan bagian dari usaha keluarga, dan hampir semua bisnis keluarga mereka menggunakan nama yang serupa.

Ekara tidak hanya terkenal dengan temanya yang unik, tetapi juga menjadi tempat favorit untuk mahasiswa. Lokasinya yang strategis di daerah kampus seperti Unpar, ITB, dan Telkom University, membuat kafe ini dipenuhi oleh mahasiswa yang datang untuk mengerjakan tugas atau sekadar bersantai.

Ekara Coffee di Bandung yang punya nuansa dunia Harry Potter Foto: Ghina Aliyah Fatin Desira

Tidak hanya mahasiswa, kafe ini juga sering dikunjungi pekerja remote yang ingin mencari suasana berbeda untuk Work From Cafe (WFC). Bahkan, Ekara memiliki cabang di Gunung Kencana yang lebih fokus untuk pekerja kantoran dan WFC yang menginginkan suasana lebih tenang.

“Cabang di Gunung Kencana lebih chill, tempatnya lebih kecil dan fokus untuk yang WFC. Kalau di sini (cabang utama), sering ramai karena banyak mahasiswa,” jelas Glenn.

Selain menjadi tempat kumpul mahasiswa, Kafe Ekara juga sering digunakan untuk berbagai acara lainnya, mulai dari photoshoot hingga rapat organisasi.

“Di sini banyak yang pakai buat photoshoot, prewedding, foto produk, bahkan foto booklet SMA,” cerita Glenn. Dengan interior yang unik dan beragam spot menarik, kafe ini memang cocok dijadikan latar belakang foto yang estetik.

Tidak hanya itu, Ekara juga sering disewa untuk acara-acara kampus seperti rapat himpunan atau pemilihan ketua BEM. “Hampir setiap tahun, kami jadi tempat untuk quick count pemilihan di kampus. Biasanya mereka reservasi duluan untuk rapat, dan kafe bisa full untuk acara seperti itu,” tambah Glenn.

Begini suasana di di area meja dan kursi Ekara. Foto: Ghina Aliyah Fatin Desira

Ekara menyajikan beragam jenis kopi, tapi uniknya menu signature mereka adalah mocktails. Glen mengungkap, “Awalnya, kita lebih fokus ke mocktails dan mendalaminya itu di mixology. Bahkan dulu namanya Ekara Mocktails.” Namun seiring waktu mereka menyesuaikan pasar yang lebih suka kopi susu.

Selain itu, Ekara juga mendukung mahasiswa yang ingin berbisnis. Dua fasilitas populer di kafe ini, biliar dan photobox, adalah hasil kerjasama dengan mahasiswa Universitas Parahyangan.

“Biliar dan photobox di sini bisnis punya anak Unpar, mereka yang nawarin dan kita dukung, karena saya juga paham gimana sulitnya kuliah sambil berbisnis,” ujar Glenn.

Kabar baik bagi mahasiswa, Ekara menawarkan diskon khusus di setiap hari kerja, yakni Senin hingga Jumat. Menariknya, promo ini tidak banyak dipublikasikan secara luas.

“Diskon ini sebenarnya buat yang tau tau aja, kayak mahasiswa yang sudah sering ke sini. Kita sengaja gak gencar mempromosikannya, jadi yang tahu ya hanya mereka yang sudah sering datang,” ungkap Glenn.

Ke depannya, Ekara juga berencana menghadirkan program keanggotaan khusus untuk pelanggan setia. Namun, untuk saat ini, diskon mahasiswa tetap menjadi program unggulan mereka.

Alasan lainnya mengapa Kafe Ekara disukai banyak mahasiswa adalah karena harga menunya yang ramah di kantong.

Ada billiard hingga photobox di kafe bertema Harru Potter ini. Foto: Ghina Aliyah Fatin Desira

Menu makanan di sini dimulai dari Rp25.000, dan ada sesi-sesi tertentu dengan menu khusus, salah satunya ada menu khusus yang hanya ada di waktu dini hari, bisa dinikmati untuk pengunjung yang datangnya larut malam.

Artikel ini sudah tayang di detikjabar dengan judul “Potterheads, Ada Kafe Beruansa Magis Khas Dunia Harry Potter di Bandung Nih!”

(aqr/adr)

Membagikan
Exit mobile version