Jumat, September 20

Jakarta

Samsung tidak ingin tinggal diam melihat ponsel layar lipat tiga Huawei Mate XT diluncurkan. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini kabarnya akan meluncurkan ponsel layar gulung (rollable) tahun depan.

Rumor soal ponsel layar gulung dari Samsung pertama kali disebarkan oleh tipster Revegnus tahun lalu. Kini ada lebih banyak informasi tentang ponsel misterius ini.

Kabar ini datang dari media Korea The Elec. Mereka mengklaim Samsung sedang menggarap ponsel layar gulung yang jika dibuka penuh ukuran layarnya mencapai 12,4 inch.


Jika rumor ini benar, maka ukuran layar ponsel gulung Samsung akan lebih besar dibandingkan Huawei Mate XT. Seperti diketahui, layar Huawei Mate XT berukuran 10,2 inch saat dibuka penuh.

Samsung kemungkinan akan menggunakan panel layar gulung 12,4 inch yang sama seperti yang dipamerkan Samsung Display pada ajang SID Display Week 2024. Ponsel layar gulung Samsung juga diklaim menggunakan kamera bawah layar.

The Elec mengatakan ponsel layar gulung Samsung akan dipamerkan pada paruh kedua tahun 2025. Jika rumor ini benar, artinya Samsung akan jadi vendor ponsel pertama di dunia yang merilis ponsel layar gulung, seperti dikutip dari Android Authority.

Ponsel layar gulung sebenarnya bukan sesuatu yang baru, karena beberapa vendor sudah pernah memamerkan prototipe rollable-nya tapi belum ada yang dijual di pasar. Pada tahun 2020, Oppo memamerkan ponsel konsep Oppo X 2021 yang bisa dibuka gulungannya dengan ukuran antara 6,7 inch dan 7,4 inch.

LG juga pernah memamerkan prototipe ponsel layar gulung pada tahun 2022, namun bisnis ponsel mereka keburu gulung tikar. Motorola tahun lalu memperkenalkan konsep ponsel layar gulung Rizr, begitu juga dengan Tecno yang memamerkan ponsel konsep Phantom Ultimate.

(vmp/afr)

Membagikan
Exit mobile version