Selasa, Oktober 8

Jakarta

Samsung baru saja mengungkap beberapa detail tentang update One UI 7 berbasis Android 15 di acara Samsung Developer Conference 2024. Pengguna Samsung sepertinya harus menunggu cukup lama untuk menerima update ini, tapi Samsung menjanjikan perubahan desain yang signifikan.

Sally Hyesoon Jeong, Executive Vice President dan Head of the Framework Research and Development Team Samsung Electronics, dalam pidatonya mengatakan One UI 7 akan hadir dengan antramuka baru yang lebih segar.

“Kami menjajaki desain (antarmuka) baru. One UI 7 akan membawa tampilan baru yang lebih segar untuk seluruh antarmuka,” kata Jeong, seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (5/10/2024).


Jeong tidak memberikan banyak informasi tentang update ini, maupun menunjukkan desainnya. Ia hanya mengatakan One UI 7 akan memiliki sistem blur dan animasi baru yang lebih mulus dan mudah digunakan.

Lebih lanjut, Jeong juga memberikan jadwal rilis One UI 7 versi beta dan stabil. One UI 7 versi beta akan tersedia mulai akhir tahun ini, sedangkan versi stabilnya akan diluncurkan awal tahun 2025 bersama ponsel flagship terbaru Samsung.

Jadwal ini sedikit terlambat jika dibandingkan dengan peluncuran One UI 6/Android 14 untuk perangkat Samsung. Tahun lalu, Samsung sudah meluncurkan versi stabil One UI 6/Android 15 pada bulan Oktober, dan One UI 6.1 diluncurkan bersama Galaxy S24 series pada Januari tahun ini.

Meski peluncurannya masih beberapa bulan lagi, pengguna Samsung sudah bisa melihat bocoran tampilan baru One UI 7 yang dijalankan di Galaxy S24 Ultra dengan ikon, animasi, notifikasi, dan panel Quick Settings baru.

Perubahan paling signifikan di One UI 7 dapat dilihat dari panel Quick Settings dan notifikasi yang kini dipisah, mirip seperti Xiaomi MIUI/HyperOS. Jadi pengguna yang ingin membuka Quick Settings harus swipe sisi kanan layar, dan sisi kiri layar untuk membuka notifikasi. Posisi tombol di Quick Settings juga dirombak menjadi mirip seperti iOS.

Tidak hanya itu, layar untuk berpindah aplikasi juga diubah dan memiliki animasi yang berbeda, tapi ini masih tahap awal dan mungkin akan berubah di versi akhirnya. Terakhir, tampilan menu di Pengaturan juga sedikit diubah.

Simak Video “Perbandingan Harga Samsung A55 saat Peluncuran Vs Sekarang
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version