Selasa, Oktober 8


Jakarta

Kepadatan penumpang di Stasiun Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, mulai berkurang. Kini terlihat sampah berserakan di beberapa titik stasiun.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (5/10/2024), terlihat sampah berserakan dan tak ditumpuk atau masuk dalam tong dan tempat sampah. Beberapa penumpang yang ada di lokasi tidak menghiraukan keberadaan sampah tersebut. Sedangkan petugas kebersihan belum terlihat membereskan sampah.

Namun seorang perempuan berkerudung merah jambu, Tuti, membawa sapu dan mulai membereskannya. Dia menyapu sampah untuk ditumpuk di dekat tempat sampah.


Setelah itu, mulai ada petugas kebersihan stasiun membereskan sampah yang berserakan. Kondisi Stasiun Gondangdia pun menjadi lebih rapi dan bersih dibandingkan sebelumnya.

Tuti mengatakan tindakannya itu berdasarkan pada kesadaran diri sendiri. Dia menyayangkan sampah berserakan, padahal ada tong sampah di stasiun.

“Kesadaran ya, apalagi ini kan tempat umum kan, kan sudah disiapkan tong sampah. Walaupun itu tong sampahnya memang kecil, nggak begitu banyak ya, tapi setidaknya jangan berserakan kayak gini, sangat disayangkan,” kata Tuti (55) saat ditemui di Stasiun Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Sampah di Stasiun Gondangdia (Mulia Budi/detikcom)

Tuti mengatakan warga seharusnya bisa memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan bersama. Dia mengaku kaget melihat serakan sampah saat tiba di Stasiun Gondangdia.

“Karena kasihan, peri kemanusiaanlah, kasihan yang bersih-bersih. Harusnya kesadaranlah gitu,” kata Tuti.

“Saya juga dateng ke sini, astagfirullah, kaget saya. Harusnya karena kita sama-sama ini, merasakannya. Ibaratnya, kalau kita tempat kita kotor, kan kita juga nggak enak ya, apalagi tempat umum gini, harusnya kan punya kesadaran,” tambahnya.

Dia mengatakan kondisi Stasiun Gondangdia pada hari biasanya selalu bersih, rapi, dan tak ada sampah berserakan. Tuti menyambangi Monas untuk merayakan HUT ke-79 TNI.

“Karena kan kita bersyukur ya karena pejuang-pejuang kita, kenapa kita nggak ikut. Setahun sekali kan kita memperingati kayak gini, jadi momen-momen yang itu kan, kenapa nggak kita rayain, walaupun nggak bisa ketemu dekat, tapi kita kan ngerayain,” ujarnya.

Warga lainnya, Ita (55), juga menyayangkan sampah yang berserakan di Stasiun Gondangdia. Dia kasihan terhadap petugas kebersihan stasiun yang nantinya harus membereskan sampah tersebut.

“Berserakan, kotor, jadinya ini nggak bersih, kurang bagus, karena ada ini saja ulang tahun. Kalau biasanya nggak sih, biasa, normal lagi,” kata Ita.

“Harusnya mah ada petugas khusus, kalau nggak, nambah tong sampah juga. Tapi tergantung orangnya juga sih, kadang kan lempar-lempar juga. Sangat disayangkan,” imbuhnya.

Simak Video: Penampakan Penumpang KRL Membludak di Stasiun Gondangdia

[Gambas:Video 20detik]

(mib/aik)

Membagikan
Exit mobile version