Rabu, Juli 3

Jakarta

Telkomsel memperkenalkan asisten virtual terbaru bernama Ted. Operator seluler akan mengandalkan Ted sebagai untuk menginformasikan solusi digital yang dibutuhkan pelanggan.

Melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise, Telkomsel merancang Ted sebagai enterprise digital account manager yang mengintegrasikan teknologi Generative AI (Gen AI) untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan bisnis Telkomsel dan Telkom Group.

Telkomsel memperkenalkan asisten virtual baru bernama Ted. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

VP Corporate Strategy, Innovation, Sustainability, and Marketing Telkomsel, Endra Diputra, mengatakan Ted adalah wujud nyata dari komitmen perusahaan sebagai product powerhouse dari Telkom Group.


Disampaikan Endra, Ted yang merupakan hasil dari pemanfaatan Gen AI yang dapat Telkomsel Enterprise implementasikan dalam bentuk chatbot di situs web maupun metahuman di acara tertentu, seperti di acara Wonderlab yang berlangsung 21 Juni – 21 Juli 2024 di Jakarta, di mana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan Ted, bahkan bisa memberikan solusi bisnis.

“Kami berharap Ted dapat mengeksplorasi proses konversi dan efektivitas komunikasi, sehingga menghadirkan solusi bisnis secara cepat dan efisien bagi pelanggan dan mitra Telkomsel dan Telkom Group,” ujar Endra di Jakarta.

Sebelumnya, Telkomsel sudah lebih dahulu menghadirkan asisten virtual Veronika. Endra menyebutkan bahwa Veronika hanya akan melayani untuk segmen konsumen, sedangkan Ted dirancang khusus untuk segmen bisnis.

Saat ini Ted masih dalam pengembangan tahap awalnya saat ini Ted mampu melayani komunikasi dalam bentuk Voice to Voice, Text to Voice, dan Chat. Ted bisa ditemui dan diakses melalui telkomsel.com/enterprise.

Endra menambahkan ke depan, Telkomsel akan terus mengembangkan kapabilitas Ted hingga mampu membantu pelanggan dengan semakin cepat dan tepat mengisi formulir prospek, membuat rangkuman informasi dari interaksi pengguna, dan memberikan rekomendasi prioritas prospek untuk ditindaklanjuti.

“Dengan asistensi yang komprehensif, baik bagi calon pelanggan maupun tim Telkomsel Enterprise secara bersamaan, Ted akan memastikan bahwa setiap langkah bisnis lebih terarah dan fokus lebih optimal pada prospek potensial,” pungkasnya.

Adapun acara Wonderlab yang dipersembahkan oleh Genexyz, agregator Metahuman di Indonesia, adalah sebuah acara eksperiensial di mana teknologi terkini dan seni bercerita berpadu dalam instalasi digital interaktif di lingkungan virtual yang menggugah indera.

Di acara yang berlangsung di Jakarta pada 21 Juni – 21 Juli 2024 ini, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan Ted yang siap menjawab berbagai pertanyaan dan permintaan pelanggan bisnis dengan solusi yang paling efektif.

(agt/fay)

Membagikan
Exit mobile version