Jumat, Oktober 25

Jakarta

Meskipun mengandung nutrisi penuh, tetapi masih ada anggapan-anggapan yang salah mengenai buah-buahan. Mulai dari kandungan gula hingga cara mengonsumsinya.

Selama ini buah-buahan selalu menjadi pilihan makanan yang sehat. Tubuh secara alami, buah-buahan mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin, serat, dan antioksidan.

Mengonsumsi buah pun dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Namun, di samping itu, banyak mitos-mitos tentang buah yang disebut bahwa tidak selamanya menyehatkan.


Itu karena adanya kandungan gula dan cara mengonsumsi buah yang salah. Dikutip dari Yahoo Life (19/10/24) berikut adalah mitos tentang buah yang salah kaprah.

1. Buah tidak sehat karena mengandung gula

Buah mengandung gula alami. Foto: iStock

Tubuh secara alami, buah kerap jadi pilihan makanan yang sehat. Namun, ada yang mempercayai bahwa buah justru tidak sehat karena kandungan gula di dalamnya.

Jamie Nadeau, ahli diet di Balanced Nutritionist mengatakan bahwa benar buah mengandung gula. Namun, itu merupakan gula alami atau fruktosa. Dan ini masih aman dikonsumsi asalkan tidak berlebihan.

Lagi pula, buah tidak hanya menawarkan rasa manis, tetapi juga menyediakan energi dan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Semua nutrisi itu sangat diperlukan untuk mengurangi risiko penyakit.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa setiap tambahan porsi buah setiap hari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sekitar 5%. Jadi, sangat tidak benar jika buah disebut tak menyehatkan.

2. Buah beri lebih sehat daripada buah lainnya

Meskipun buah beri sering mencuri perhatian karena rendah gula dan tinggi serat juga antioksidan, bukan berarti buah ini yang paling sehat dibandingkan jenis buah lainnya.

“Semua buah mengandung segudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi secara optimal,” ujar ahli diet Kristin Grimes dari NourishED Colorado.

Misalnya mengonsumsi dua buah kiwi sehari telah terbukti membantu meringankan sembelit pada orang dewasa. Sementara itu, mangga menyediakan tembaga dan folat yang bagus untuk ibu hamil.

Begitu juga dengan anggur, meskipun terkadang dikritik karena kandungan gulanya lebih tinggi, tetapi anggur menyimpan antioksidan dalam jumlah tinggi untuk melindungi jantung dari kanker.

Mitos tentang buah-buahan yang tak perlu dipercaya lagi ada di halaman selanjutnya.

Simak Video “Inspirasi Menu Diet Sehat yang Tak Bikin Bosan
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version