Senin, September 30


Jakarta

Gedung Perintis Kemerdekaan di Menteng, Jakarta Pusat, terbakar sehingga menyebabkan kantor Badan Keamanan Laut (Bakamla) terdampak. Saksi menceritakan detik-detik kebakaran yang terjadi.

Salah seorang saksi bernama Anam (55) mengatakan peristiwa kebakaran terjadi pada sekitar pukul 06.15 WIB pagi tadi. Saat itu dirinya mendengar adanya ledakan dari arah gedung.

“Awalnya begini, tadi saya mau senam di sini jam 06.13. Saya pergi dulu ke kamar mandi di Tugu Proklamasi, begitu saya di dalam kamar kecil saya dengar ledakan,” kata Anam saat ditemui di lokasi, Minggu (29/9/2024).


Anam mengatakan ledakan terjadi beberapa kali. Saat dirinya keluar, dia melihat api sudah membubung tinggi membakar Gedung Perintis Kemerdekaan. Warga sekitar pun panik berlarian.

“Begitu saya keluar warga udah mulai panik. Karena (saksi) kebanyakan ibu ibu mereka takut berteriak, sampai keluar gedung (Tugu Proklamasi),” ujarnya.

Dia tidak mengetahui pasti apakah dalam gedung yang terbakar ada orang atau tidak. Namun dia mengaku mendengar ada orang yang berteriak meminta tolong.

“Saya nggak melihat di dalam. Tapi ada suara minta tolong dari dalam. Apinya cepat membesar cepat mengepul asap hitam,” tuturnya.

95 Personel Dikerahkan

Petugas pemadam kebakaran masih melakukan proses pemadaman gedung Gedung Perintis Kemerdekaan di Menteng, Jakarta Pusat, yang terbakar. Sebanyak 19 unit mobil dan 95 personel damkar dikerahkan.

“Pengerahan 19 unit dan 95 personel,” kata Kadis Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan saat dihubungi, Minggu (29/9).

Satradi mengatakan kebakaran tersebut dilaporkan pada pukul 06.20 WIB. Saat ini proses pemadaman masih berlangsung.

“Objek terbakar Gedung Bakamla. Waktu mulai operasi 06.27 WIB. Situasi status kebakaran proses pemadaman (merah),” ujarnya.

Simak Video: Penampakan Gedung Bakamla di Jakpus Kebakaran!

[Gambas:Video 20detik]

(wnv/maa)

Membagikan
Exit mobile version